Scroll to Top

WiFi dan Hotspot Gratis di TransJakarta

By Ditya / Published on Tuesday, 28 Aug 2012

Busway TransJakarta

Setelah Kopaja, kini giliran busway TransJakarta akan dilengkapi fasilitasi WiFi dan hotspot gratis. Menurut Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengatakan bahwa fasilitas internet gratis tersebut mulai hadir pada tanggal 1 September nanti.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyediakan layanan internet nirkabel gratis di beberapa lintasan busway TransJakarta dengan menggunakan wireless fidelity (WiFi) atau hotspot.

Layanan internet gratis ini akan sangat bermanfaat bagi para penumpang busway TransJakarta untuk sekedar browsing atau chatting selagi menunggu busway TransJakarta mengantarnya sampai tujuan.

“Layanan WiFi gratis ini dapat dinikmati oleh pengguna internet yang melintasi jalur Air Mancur Bundaran HI-Bundaran Senayan dan lintasan Grogol-Cawang. Sementara baru lintasan itu dulu. Sepanjang jalur tersebut sudah ada hotspot nya,” kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, seusai Rapat Pimpinan di Balaikota DKI, Jakarta, Senin, (27/8/2012).

Tak hanya di busway TransJakarta, sebelumnya fasilitas WiFi atau Hotspot gratis telah disediakan di bus kota Kopaja. Foke juga menambahkan saat ini fasilitas internet gratis melalui WiFi atau hotspot sudah tersedia di Monas, Taman Menteng, taman Ayodya, halte TransJakarta Harmoni dan halte TransJakarta Dukuh Atas.

“Harganya tidak mahal. Anggaran yang digunakan untuk penyediaan layanan ini diperoleh dari kompensasi melalui kerja sama DKI dengan perusahaan penyedia layanan fiber optic,” ujar Sugiyanta, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Kehumasan DKI Jakarta.

Sugiyanta juga menambahkan bahwa pihaknya sedang menggandeng 3 perusahaan penyedia layanan fiber optic. Ketiga perusahaan tersebut wajib menyediakan 2 buah core yang bisa dimanfaatkan untuk layanan publik.

Seperti yang dilansir dari Kompas (27/08/2012), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merencanakan bahwa 5 tahun ke depan seluruh wilayah DKI Jakarta memiliki akses internet gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda