Scroll to Top

Sebuah Kota di Jepang Menggunakan Facebook Page Sebagai Situs Resmi Pemerintahan

By Melissa / Published on Friday, 12 Aug 2011

Takeo, sebuah kota yang terletak di pulau Kyushu, Jepang, telah mengganti situs resmi pemerintah kotanya dengan Facebook Page. Kota Takeo adalah kota pertama yang melakukan hal ini di negara Jepang.

Langkah ini dinilai cukup tidak biasa karena Facebook sama sekali tidak populer di Jepang. Warga Jepang yang dikenal sangat menyukai anonimitas merasa tidak nyaman dengan Facebook yang terlalu ‘terbuka’ dan lebih memilih layanan jejaring sosial lokal seperti Mixi.

Pemerintah kota Takeo pernah mencoba memakai Mixi untuk situs resmi pemerintahannya, namun mereka melaporkan banyak pengguna anonim yang cenderung memberikan komentar dan saran yang kurang memiliki arti penting untuk kemajuan kota mereka.

Walikota Takeo, Keisuke Hiwatashi, menekankan pentingnya pemakaian nama asli. “Ketika seseorang memberikan pendapat mereka atau mengajukan pertanyaan, mereka harus bersikap dewasa dan bertanggung jawab atas pendapat dan pertanyaan mereka. Salah satunya adalah dengan mencantumkan nama asli mereka,” kata Keisuke, seperti dikutip dari PC World.

Pemerintah kota Takeo telah mengeluarkan dana sebesar $8,200 sebagai biaya transisi ke Facebook. Meskipun tindakan ini banyak ditolak oleh penduduk setempat, pemerintah Takeo mengaku mereka mendapat banyak komentar yang sebenarnya layak untuk dipertimbangkan sebagai saran untuk mereka.

“Kami telah menerima banyak keluhan online, tetapi keluhan-keluhan ini memiliki alasan yang masuk akal dan bukan  kritik kosong seperti sebelumnya,” kata Naoyuki Miyaguchi, salah satu dari delapan anggota tim Facebook balai kota Takeo.

Meskipun perdana menteri Jepang, angkatan laut dan pejabat pemerintah Jepang lainnya sudah memiliki akun Facebook, sepertinya masih cukup sulit bagi sebagian besar warga Jepang untuk sepenuhnya menampilkan identitas mereka yang sebenarnya ke dunia online.

Menurut Anda, kira-kira apa yang akan terjadi jika langkah pemakaian Facebook Page sebagai situs resmi pemerintah ini diterapkan di kota-kota di Indonesia? Apakah masyarakat akan mendukung atau justru tidak setuju?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda