Scroll to Top

Ini Dia Bus Terpanjang di Dunia

By C Novita / Published on Tuesday, 28 Aug 2012

AutoTram, bus terpanjang

Bus terpanjang di dunia ini bernama The AutoTram Extra Grand, dan rencananya akan dioprasikan di Jerman. Sebagai sebuah alat transportasi umum, kendaraan ini memang sangat menakjubkan panjangnya.

Bus ini memiliki 3 buah badan yang disambungkan dengan sistem engsel, mirip dengan kereta api. Panjangnya sekitar 98 meter, dan memiliki 256 buah tempat duduk untuk penumpang.

Sayangnya, baru sekitar akhir tahun ini bus terpanjang tersebut akan diluncurkan di jalan-jalan kota Dresden, Jerman. Perusahaan yang meneliti dan mengembangkan proyek bus ini adalah INP Fraunhofer.

Dikutip dari Foxnews, 27/08/2012, cara pengoperasian AutoTram tak beda jauh dengan bus konvensional. Bus ini memiliki 5 as, yang 4 diantaranya mampu mengarahkan, sama dengan as pada bus biasa.

Bus Auto Tram dirancang untuk jadi solusi transportasi di perkotaan. Alasannya, kendaraan ini mampu mengangkut penumpang lebih banyak, serta biaya pengoperasiannya lebih murah.

Hingga saat ini memang bus Auto Tram masih menjadi bus terpanjang di dunia. Namun untuk rekor bus yang mampu menampung penumpang terbanyak, masih dipegang oleh bus yang beroperasi di China, China’s Youngman JNP6250G City New Liner Series. Bus ini panjangnya ‘hanya’ 82 meter, namun berisi 300 tempat duduk.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda