Scroll to Top

Jutaan Follower Twitter Palsu Dongkrak Popularitas Selebritis dan Politisi

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 28 Aug 2012

Twitter Fake Followers

Menempuh jalan pintas ternyata tak hanya ditemui di dunia nyata. Di dunia maya khususnya Twitter, hal tersebut kerap juga dijumpai. Jutaan followers palsu siap mendongkrak kepopuleran politisi dan selebritis yang menginginkan banyak pengikut di twitterland.

Seperti diketahui sebelumnya, bakal calon Presiden Amerika di election 2012 dari Partai Republik, Mitt Romney, diduga kuat memiliki follower palsu yang jumlahnya tak sedikit. Tercatat ia telah diikuti oleh 100 ribu lebih pengikut ‘abal-abal’ di Twitter.

Follower memang bisa dibeli. Asalkan sang pemilik akun memiliki investasi besar. Mengapa dikatakan besar, sebab jasa followers instan di internet hanya berkisar di angka ribuan followers. Jika ingin memiliki pengikut ratusan ribu bahkan jutaan, perlu modal yang tidak sedikit.

Laman Telegraph edisi Selasa (28/08/12) menuliskan, sebuah situs yang bernama Fiverr menawarkan 1.000 followers instan dengan tarif USD 5 saja. Situs-situs lain seperti InterTwitter.com, BuyTwitterFollow.com, and FanMeNow.com juga menawarkan layanan yang sama.

Menariknya lagi, para followers palsu ini bisa ditarget sesuai dengan pesanan pemilik akun. Misalkan saja untuk kawasan atau wilayah pengguna, sesuai dengan minat bakat, dan lain sebagainya. Sebuah perusahaan media sosial di Inggris, StatusPeople membuat layanan untuk mendeteksi followers palsu.

Menurut StatusPepople, 70 persen pengikut Presiden Barrack Obama adalah followers ‘palsu’ atau tidak aktif. Sedangkan Lady Gaga di angka 71 persen. Perdana Menteri Inggris David Cameron hanya memiliki 30 persen follower ‘baik’. Pun demikian juga dengan pesepakbola Manchester United, Wayne Rooney yang hanya memiliki 34 persen pengikut yang berstatus real.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda