Scroll to Top

Twitter: Psikopat Bisa Dikenali dari Tweet yang Diposting

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 28 Aug 2012

Twitter Psikopat

Sebuah tweet di Twitter ternyata memiliki seribu makna. Seperti diwartakan CNET News, Selasa (18/08/12), menurut ilmuwan, mereka percaya bilamana kata ‘mati’, ‘bunuh’, dan ‘kubur’ di sebuah tweet yang dikicaukan, sangat identik dengan sosok psikopat.

Temuan ini didasari oleh sebuah penelitian yang dilakukan dua lembaga di Kota London, Inggris: Universitas Florida Atlantic dan Yayasan Privasi Daring London. Masing-masing ilmuwan duduk bersama untuk meneliti pelbagai tweet yang mengalir dari 3.000 relawan.

Dan hasilnya, dari 3.000 relawan tersebut mereka menyimpulkan jika 1,4 persen dari mereka memiliki kecenderungan untuk berkembang menjadi psikopat. Dari pelbagai tweet yang mengalir di linimasa, tertangkap beberapa kata maupun frasa yang mereka yakini sangat dekat dengan indikasi maupun gejala psikopat.

Kata-kata yang dimaksud adalah ‘mati’, ‘bunuh’, maupun ‘kubur’. Dan para ilmuwan bahkan berpendapat jika gejala ini bahkan bisa untuk dijadikan rujukan pihak kepolisian untuk mengidentifikasi potensi serta ancaman (kejahatan) maupun bagi kalangan HRD tatkala merekrut pegawai baru.

“Orang-orang membuat penilaian tentang orang lain berdasarkan media sosial. Perusahan bahkan ada yang akan melakukan ini untuk Anda jika memang Anda akan diperkerjakan,” peringatan Chris Summer, ketua Yayasan Privasi Daring London.

Pada studi sebelumnya pernah diungkapkan bagaimana hubungan antara kesehatan mental dengan gaya bahasa yang digunakan seseorang. Dan untuk studi kali ini memang dikhusukan di ranah media sosial (Twitter). Namun sayangnya komputer memiliki keterbatasan untuk memindai seluruh tweet relawan dan tidak mengenali kata-kata singkatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda