Scroll to Top

Golongan Darah Menentukan Resiko Penyakit Jantung?

By C Novita / Published on Wednesday, 29 Aug 2012

golongan darah

Sebuah penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health dan melibatkan 90 ribu orang menyimpulkan bahwa golongan darah AB memiliki resiko lebih besar terkena penyakit jantung. Sedangkan golongan darah O, resikonya paling rendah.

Penelitian yang dilakukan selama 20 tahun itu mengatakan bahwa resiko penyakit jantung koroner yang diidap oleh mereka, ternyata berbeda-beda tergantung dengan jenis golongan darahnya.

Tipe darah AB, punya resiko 23% terkena jantung koroner, sedangkan tipe darah B hanya 11%. Golongan darah A beresiko 5%, dan O paling rendah diantara golongan darah lainnya.

Dikutip dari situs Livescience, Dr. Lu Qi, asisten profesor di perguruan tinggi ternama tersebut mengatakan:

“Golongan darah tentu tak dapat dirubah oleh setiap orang, sehingga diharapkan penemuan tersebut bisa membantu para dokter untuk mengerti siapa yang punya resiko lebih besar mengidap penyakit jantung.”

Tentu saja hal lain yang juga diperhitungkan dalam penelitian tersebut tak hanya golongan darah, namun kadar kolesterol, hipertensi, dan penyakit diabetes yang mungkin juga diidap oleh para sukarelawan.

Namun bahwa golongan darah berkorelasi dengan resiko penyakit jantung itu memang hal yang cukup mengejutkan, ungkap Dr. Richard Stein, kardiologis di Asosiasi Jantung Amerika.

Merubah pola hidup agar lebih sehat, olahraga, serta mengontrol berat badan dan kadar kolesterol, adalah salah satu cara mengurangi resiko penyakit jantung. Anda yang memiliki golongan darah dengan resiko terkena penyakit jantung lebih besar, ini adalah sebuah motivasi untuk segera beralih ke pola hidup sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda