Scroll to Top

Minuman Berenergi Bahayakan Kesehatan Anak Muda

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 04 Aug 2011

Minuman kesehatan yang banyak berseliweran iklannya di teve, patut dipertanyakan kebenaran manfaatnya. Minuman  yang juga disebut minuman berenergi ini, ternyata membahayakan bagi peminum usia anak, remaja, dan dewasa muda.

Penelitian yang tersebut pada jurnal kesehatan Pediatric, mengatakan, mengonsumsi minuman berenergi berlebihan dapat meningkatkan potensi jantung berdebar, stroke, kejang, dan meninggal mendadak. Salah satu penyebabnya adalah kadar kafein yang cukup tinggi.

Menurut penelitian tersebut, kandungan kafein minuman berenergi setara dengan meminum tujuh cangkir kopi. Dan, setara 14 kali lebih banyak dari kafein minuman cola. Bagi orang dewasa mungkin tidak begitu bermasalah. Namun, cukup bahaya jika dikonsumsi rutin anak-anak.

Peneliti John Higgins dari University of Texas Medical School di Houston, mengatakan,  kandungan kafein minuman energi berkisar 70-200 mg per 453 gram. Secangkir kopi (226 gram) saja hanya mengandung kafein 40-150 miligram, tergantung menyeduhnya.

“Kadang-kadang masih ada bahan yang tidak dicantumkan di label, seperti stimulan guarana, asam amino taurin, mineral dan vitamin, serta bahan lainnya yang bisa berinteraksi dengan kafein. Minuman energi biasanya juga dicampur dengan alkohol,” kata Higgins, seperti dikutip Fajar Online.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda