Scroll to Top

Peneliti Korea Ciptakan Spesies Kucing yang Bercahaya di Kegelapan

By Ditya / Published on Wednesday, 29 Aug 2012

kucing nyala

Sebuah tim peneliti asal Korea Selatan yang dipimpin oleh Kong Il-keun berhasil menciptakan spesies kucing yang bercahaya dalam kegelapan setelah melalui rekayasa genetika.

Tim peneliti asal Gyeongsang National University, Korea Selatan telah berhasil menciptakan spesies kucing yang dapat bercahaya dalam kegelapan melalui proses kloning dan rekayasa genetika untuk mengubah warna kulit kucing tersebut.

Kucing Angora Turki berbulu putih akan bercahaya merah setelah terkena sinar ultraviolet dan para peneliti percaya bahwa proses ini dapat dikembangkan untuk pengobatan berbagai penyakit genetik.

Teknologi rekayasa genetik dan cloning ini juga nantinya dapat dikembangkan untuk membantu melestarikan hewan langka dengan cara mengkloningnya seperti macan tutul dan kucing liar.

Sel-sel kulit ibu kucing diperlukan nuntuk mengkloning kucing dan kemudioan memodifikasi gen dengan menggunakan virus yang ditransplantasikan ke ovum untuk membuatnya menyala dalam gelap. Ova tersebut kemudian ditanamkan ke rahim kucing donor.

Pada bulan Januari dan Februari, 3 ekor kucing telah lahir. Satu diantaranya lahir mati dan 2 sisanya tumbuh menjadi kucing Angora Turki dewasa dengan berat 3kg dan 3,5kg.

“Kemampuan untuk menghasilkan kucing kloning dengan gen yang dimanipulasi sangat penting karena dapat dikembangkan untuk pengobatan penyakit genetik dan membantu hewan yang menderita penyakit genetik seperti manusia.”

“Teknologi ini dapat diterapkan untuk mengkloning hewan yang menderita penyakit yang sama seperti manusia. Hal ini membantu pengobatan stemcell,” kata Kong Il-keun, ketua tim peneliti.

Seperti yang dilansir dari Uber Fact (28/08/2012), Kong Il-keun menambahkan bahwa kloning kucing dengan penyakit sama seperti manusia dapat mempercepat upaya untuk menemukan pengobatan dengan melakukan eksperimen yang tidak mungkin dilakukan dengan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda