Scroll to Top

iPhone 5 Tidak Support NFC?

By Ditya / Published on Wednesday, 29 Aug 2012

iPhone

Beberapa waktu lalu muncul kabar bahwa iPhone 5 akan mendukung fitur NFC, namun sebuah laporan dari situs teknologi Anandetch mengatakan bahwa iPhone 5 tidak akan mendukung fitur NFC.

Teknologi NFC (Near Field Communication) adalah standar komunikasi nirkabel baru yang dapat saling terhubung satu sama lain. NFC ini mulai populer dimanfaatkan untuk pembayaran melalui metode mobile payment.

Smartphone terbaru Apple, iPhone 5 kabarnya tidak mendukung teknologi NFC seperti yang diperkirakan sebelumnya. Hal ini diperkuat dengan bocoran foto dari Apple Pro yang memperlihatkan komponen misterius yang awalnya diperkirakan adalah chip NFC.

Sementara itu, orang-orang dari situs teknologi Anandtech menganalisa bahwa bagian yang dicurigai sebagai chip NFC tersebut bukanlah chip NFC, sehingga iPhone 5 kemungkinan memang tidak mendukung NFC.

“Mengingat bagian belakang terutama logam dari iPhone baru, itu sangat tidak mungkin bahwa NFC terdapat dalam iPhone generasi ini. Bahkan, mengingat ruang yang sangat kecil di bagian atas dan bawah yang didedikasikan untuk glass RF windows,” kata Anandtech.

Seperti yang dilansir dari CNET (28/08/2012), antena NFC sendiri membutuhkan ruang yang cukup dan padat dan akan lebih memungkinkan jika chip NFC diletakkan pada bagian atas atau bawah ponsel.

“Dengan antena NFC di bagian atas atau bawah yang ekstrim, keselarasan dengan non-iPhone (misalnya, pembayaran token atau tag reader) akan lebih sulit,” tambah AnandTech.

Teknologi NFC sendiri mulai populer diaplikasikan pada ponsel kelas atas seperti Samsing Galaxy S3 dan beberapa ponsel lain. NFC banyak digunakan untuk mobile payment, transaksi passbook dan beberapa fungsi lainnya.

Sampai saat ini pengaplikasian NFC pada transaksi mobile payment memang belum banyak, sehingga mungkin Apple belum merasa perlu menghadirkan NFC pada iPhone 5.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda