Scroll to Top

Bulan Berwarna Biru pada 1 September 2012

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 29 Aug 2012

blue moon

Pada 1 September 2012 nanti, atau tepatnya pada hari Sabtu, bakal terjadi sebuah peristiwa alam yang bernama Blue Moon atau bulan biru. Sebuah fenomena alam yang ditandai dengan perubahan warna bulan menjadi biru.

Pada bulan Mei silam, warga Amerika Serikat menikmati fenomena alam yang lain. Fenomena tersebut adalah Strawberry Moon atau Partial Lunar Eclipse.

Strawberry Moon adalah sebuah keadaan dimana bulan yang berwarna kemerahan akibat peristiwa gerhana matahari yang terbelah. Dan fenomena ini bakal kembali terulang pada 26 April 2013 mendatang.

Warna biru yang seolah-olah menjadi warna bulan sesungguhnya bukanlah warna yang nyata. Pada 1 September 2012 nanti, bulan akan ditutupi oleh debu angkasa.

Debu ini yang menyelimuti bulan akan nampak berwarna biru jika dilihat dari bumi. Tak hanya bulan saja, saat Blue Moon terjadi, bahkan orbit bumi akan berwarna biru pula.

Laporan dari situs MSN, fenomena Blue Moon sejatinya tidak dapat diprediksi kapan akan berlangsung. Pendapat para ahli mengemukakan, jika anomali antariksa tersebut akan terjadi tiap 2,7 tahun sekali.

Prediksi astronom, Blue Moon akan kembali muncul kembali pada bulan Juli 2015. Sedangkan Blue Moon terakhir nampak pada bulan Desember tahun 2009 silam. Istilah Blue Moon sendiri mulai dipakai sejak tahun 1542.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda