Scroll to Top

FB Scam Terbaru: Notifikasi Email Tag Foto Mengandung Malware

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 29 Aug 2012

Facebook Malware

Facebook kembali diintai malware. Modus FB scam terbaru kini memanfaatkan notifikasi tag foto yang dikirim ke email pribadi pengguna.

Seperti biasa, email yang dikirim ini adalah email palsu yang memiliki tampilan asli seperti email dari Facebook. Jika pengguna menkliknya, bisa jadi malware akan langsung menyerang.

Seperti diwartakan oleh Mashable, Rabu (29/08/12), firma keamanan Sophos, mampu mengidentifikasi malware tersebut. Adalah Troj/Agent-XNN yang harus diwaspadai sebab menyusup melalui email yang menyematkan foto berlampiran (attachment).

Bentuk tampilan email yang dikirimkan akan seperti gambar dibawah ini. Bilamana pengguna menklik tautan yang telah disamarkan sebagai notifikasi, kemungkinan besar hacker dapat segera mengakses komputer pengguna dan mencuri data.

Facebook Malware

Biasanya email pemberitahuan tentang tag foto akan berisi informasi ‘penandaan’ foto (nge-tag). Namun email ini mengingatkan pengguna jika salah satu teman telah menambahkan foto pengguna ke sebuah album foto. Modusnya demikian. Sehingga pengguna wajib senantiasa waspada dan hati-hati jika menerima informasi tersebut di email.

One of your friends assed a new photo with you to the album,” isi pemberitahuan tersebut yang dikirim melalui email.

Bulan Juli lalu SophosLab pernah menemukan penipuan yang sama dengan memanfaatkan fitur tag foto. Modusnya sama dengan memanfaatkan layanan notifikasi Facebook yang dihubungkan melalui email pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda