Scroll to Top

Javi Martinez Dibeli Bayern Munchen: Pemain Termahal Bundes Liga Jerman

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 30 Aug 2012

Javi Martinez

Javi Martinez akhirnya resmi dibeli Bayern Munchen dari Athletic Bilbao. Gelandang bertahan yang tampil di Olimpiade 2012 ini memecahkan rekor transfer termahal Bundes Liga Jerman sejak kompetisi tersebut bergulir pada 1963.

Akhirnya Javi Martinez bisa bernapas lega. Setelah tarik ulur transfer dirinya antara Athletic Bilbao-Bayern Munich yang seperti menemui jalan buntu, akhirnya ada titik terang. Pemain berusia 23 tahun resmi dimiliki raksasa Bundesliga dengan nilai transfer sebesar 40 juta Euro. Angka ini memecahkan rekor sebelumnya, yang dipegang oleh sesama pemain FC Holywood, Mario Gomez. Pada tahun 2009, penyerang maut Jerman itu diboyong kubu Allianz Arena dengan harga berkisar antara 30 hingga 35 juta Euro.

Di Athletic Bilbao sendiri, keadaan sempat menegang. Para fans fanatik Athletic tidak rela jika pahlawan mereka berganti kostum. Untuk sebuah klub yang senantiasa membawa kebanggaan rakyat Basque, —meski tidak adil— wajar jika teriakan ‘pengkhianat’ atau ‘tentara bayaran’ dilontarkan kepada Javi Martinez sepanjang sesi latihan; sebagai bukti protes fans. Sementara, para petinggi Athletic, berupaya untuk terus menaikkan harga jual sang pemain hingga batas maksimal.

Javi Martinez sendiri menyambut bahagia kedatangannya ke Jerman. “Bayern adalah salah satu tim terbaik Eropa dan dunia. Banyak pemain top di sini dengan permainan sepakbola yang fantastis. Hal inilah yang menjadi motivasi terbesar saya. Dan, tentu saja saya ingin memenangi gelar (bersama Bayern).”

Kapten Spanyol di Olimpiade 2012 ini dikontrak selama lima tahun hingga 30 Juni 2012. Dan, Bayern Muenchen menjadi yang paling serius dalam merekrut sang gelandang bertahan yang bisa dijadikan bek tengah –melebihi Barcelona dan Real Madrid yang juga memburu Martinez—.

Bicara posisi di klasemen, keadaan Muenchen dan Athletic sendiri sangat kontras. Muenchen saat ini memimpin klasemen Bundesliga di pekan pertama, semenara Athletic menjadi juru kunci Liga Spanyol setelah dua pekan berlalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda