Scroll to Top

Makanan Ini Bisa Atasi Tekanan Darah Rendah

By C Novita / Published on Thursday, 30 Aug 2012

tekanan darah rendah

Tekanan darah rendah atau hipotensi akan menimbulkan gejala seperti lemas, pusing, dan gampang terkena depresi. Tentu hal tersebut tak dapat dianggap remeh, sebab gejala seperti demikian jika dibiarkan akan menjadi gangguan kesehatan yang serius.

Salah satu indikasi Anda terkena tekanan darah rendah adalah tensi yang lebih rendah dari 90/60 mmHg. Mengatasinya dapat dengan memperbaiki pola makan. Konsumsilah makanan yang bergizi, diantaranya adalah makanan berikut ini;

  • Sayur bayam. Sayur bayam mengandung kalium. Selain itu juga rendah sodium dan kaya folat. Efeknya, dapat membuat peredaran lebih lancar dan membantu proses pembentukan sel darah merah.
  • Minum air mineral. Salah satu penyebab tekanan darah rendah adalah kurangnya cairan dalam tubuh atau dehidrasi. Konsumsi air mineral 8 gelas per hari adalah salah satu solusi untuk dapat menaikkan tekanan darah.
  • Kacang-kacangan. Berbagai jenis kacang-kacangan, mulai sayur buncis, kacang merah, kacang hijau, dan lainnya dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Ini adalah hasil penelitian dari Harvard Heart Letter.
  • Ayam. Protein yang dikandung oleh daging ayam membantu dalam pembentukkan sel darah, juga sel tubuh lainnya. Mengkonsumsinya 3 kali seminggu dapat menjauhkan Anda dari tekanan darah rendah. Ingat, buang bagian lemaknya, agar Anda terhindar dari kolesterol jahat.
  • Sereal dan gandum. Makanan yang terbuat dari gandum, contohnya roti, juga sereal, dapat membuat badan lebih sehat untuk tekanan darah. Zat besi dalam jenis makanan tersebut mampu memperbanyak produksi sel darah merah dan menguatkan pembuluh darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda