Scroll to Top

Archos GamePad, Tablet Gaming Android Dilengkapi Stik Analog Dan D-pad

By Ditya / Published on Thursday, 30 Aug 2012

Archos GamePad

Ternyata tak hanya WikiPad saja yang menyandang gelar tablet gaming, Archos menyiapkan sebuah tablet yang ditargetkan untuk para hardcore gamer melalui tablet yang mengusung nama GamePad yang dilengkapi dengan stik analog dan d-pad.

Archos sebelumnya terkenal sebagai produsen Portable Multimedia Player (PMP) ini tampaknya mulai mengikuti arus pasar dengan ikut barmain di pasar tablet melalui GamePad 7 inci.

Ukuran layar Archos GamePad ini memang hanya 7 inci, namun resolusi layar yang diusungnya cukup tinggi untuk ukuran layar kecil, yaitu 1280 x 800 piksel berjenis kapasitif touchscreen.

Berbeda dengan tablet gaming seperti WikiPad yang memilih Nvidia Tegra 3 sebagai mesin utama, Archos GamePad lebih memilih menggunakan prosesor dual-core dengan kecepatan 1,5GHz dan grafis yang dipercayakan pada Mali 400MP.

Tablet gaming Archos GamePad ini mengusung sistem operasi sejuta umat, yaitu Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich dan kemungkinan besar akan dapat di upgrade ke Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

“Ketika Android 4.0 Ice Cream Sandwich pertama kali dirilis, mereka memasukan dukungan untuk game kontroler melalui framework. Karena hal tersebutlah yang mendorong kami untuk menghadirkan Archos GamePad ini,” kata Henri Crohas, pendiri sekaligus CEO Archos.

Bukan rahasia lagi bahwa gamer mobile yang menggunakan perangkat Apple iOS dan Android mengeluhkan kurangnya kemampuan untuk menggunakan kontrol fisik seperti stik analog dan d-pad.

Archos pun menjalin kerjasama dengan para pengmbang game selama lebih dari 6 bulan untuk menyediakan dukungan terhadap kontroler fisik seperti stik analog dan d-pad yang terdapat pada Archos GamePad ini.

Seperti yang dilansir dari ArsTechnica (29/08/2012), Archos juga menambahkan bahwa saat ini lebih dari 1000 game yang tersedia di Google Play Store telah mendukung kontroler fisik.

Archos GamePad ini dikabarkan akan mulai dijual pada akhir Oktober dengan harga sekitar USD $250 atau sekitar Rp 2,3 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda