Scroll to Top

Pria Berbohong 1.092 Kali dalam Setahun

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 30 Aug 2012

bohong

BMW Financial Service merilis studinya tentang aktivitas bohong antara pria dan wanita. Hasilnya, secara umum pria lebih sering berbohong dibanding wanita. Dalam sehari, rata-rata pria berbohong sebanyak tiga kali atau 1.092 per tahun. Sementara wanita, berbohong sebanyak dua kali sehari atau 728 kali dalam setahun.

Dikutip Times of India dari Daily Express, kebohongan tersebut bisa terbalik untuk kasus tertentu. Dalam hal membeli baju baru atau menghindari untuk mengangkat telepon, justru wanita lebih jago dalam urusan berbohong.

Sekitar 39 persen wanita lebih memilih untuk diam dan pura-pura tidak tahu ketika dirinya membeli baju baru. Ini untuk menghindari konflik dengan pasangannya yang rata-rata tidak suka jika wanita doyan belanja. Sementara itu, pria yang berbohong pada pasangannya saat membeli baju baru ada 26 persen.

Wanita yang berbohong untuk menghindari telepon ada 50 persen. Mereka rata-rata beralasan dirinya sedang sibuk sehingga tidak mengangkat telepon atau berdalih  tentang sesuatu agar percakapan telepon segera diakhiri.  Untuk pria, ada 33.33 persen yang melakukan hal ini.

Karen Pine, Profesor Developmental Psychology di University of Hertfordshire, mengatakan, pada dasarnya berbohong memang perbuatan kurang terpuji. Namun, ada kalanya berbohong harus dilakukan untuk tujuan tertentu.

“Kami pikir berbohong adalah buruk. Tetapi sebenarnya kemampuan untuk menipu orang lain telah membantu manusia bertahan hidup sebagai suatu spesies nenek moyang primitif dan harus bersaing untuk sumber daya. Akan perlu kelicikan untuk mengecoh musuh-musuh mereka,” kata Pine.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda