Scroll to Top

Samsung Butuh 2.755 Truk Untuk Mengangkut Recehan 1 Miliar dolar Ke Markas Apple

By Ditya / Published on Friday, 31 Aug 2012

Truk duit

Berita lelucon mengenai 30 truk uang recehan yang digunakan Samsung untuk membayar ganti rugi ke Apple ini sebenarnya tidak masuk akal, mengapa? Dengan recehan denominasi 5 sen, sebenarnya butuh 2.775 truk untuk mengangkut recehan senilai USD $1 miliar.

Samsung sendiri sampai saat ini belum membayar ganti rugi senilai USD $1,05 miliar yang diputuskan oleh pengadilan, karena Samsung sendiri sedang mengupayakan banding.

Pembayaran menggunakan uang recehan 5 sen sendiri tidak sesuai dengan Undang-Undang di negara Amerika Serikat, jika memang truk tersebut digunakan Samsung untuk membayar ganti rugi, maka truk-truk tersebut akan kembali ke Samsung.

Menurut Undang-Undang yang ada, semua uang koin memang berlaku untuk digunakan transaksi pembayaran hutang, biaya umum atau pajak dan perusahaan swasta bebas mengembangkan kebijakan mereka sendiri untuk menerimai uang tunai.

Sebagai contoh, toko-toko eceran, pompa bensin atau bioskop dapat menolak untuk menerima mata uang denominasi tertentu yang dinilai terlalu besar. Hal semacam ini juga dapat diterapkan Apple dengan menolak pembayaran ganti rugi dengan uang recehan seperti yang dikabarkan pada berita lelucon beberapa waktu lalu.

Hal yang tidak masuk akal lagi adalah jumlah truk yang mengangkut uang recehan  5 sen itu dinilai terlalu sedikit, hanya 30 truk lebih. Secara teoritis dibutuhkan 2000 truk lebih untuk mengangkut uang recehan 5 sen seniali 1 miliar.

Untuk mencapai nilai 1 miliar dollar, dibutuhkan uang receh 5 sen sebanyak 20 miliar keping dan tiap keping memiliki berat 5 gram, berapa berat keseluruhan uang recehan 1 miliar ini? 20.000.000.000 x 0,005kg = 100.000 ton!

Berat total seluruh uang recehan 5 sen senilai 1 miliar ini mencapai 100.000 ton dan diperlukan setidaknya 2.755 truk yang menggunakan 18 roda untuk mengangkut semuanya, dan jika memang dibayar dengan cara ini.

Mengenai jumlah uang pecahan 5 sen, menurut The New York Times , pada tahun 2006 memang ada 20 miliar uang receh yang beredar, namun kini jumlahnya sudah jauh berkurang seiring meningkatnya harga logam.

Seperti yang dilansir dari Guardian (29/08/2012), pembayaran dengan 30 truk uang koin sangat tidak masuk akal. Uniknya, meski berita pembayaran ganti rugi dengan 30 truk ini hanya lelucon, banyak yang menanggapinya dengan serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda