Scroll to Top

Gita Cherry Prabhandhari, Google Spam Fighter Asal Indonesia

By Ditya / Published on Friday, 31 Aug 2012

Gita Cherry Prabhandari

Dunia teknologi informasi memang selalu identik dengan kaum geek yang biasanya didominasi oleh kaum Adam, namun kaum Hawa pun mulai turut serta berperan di dunia IT, sebut saja Gita Cherry Prabhandhari, seorang Google spam fighter asal Indonesia.

Gita Cherry Prabhandhari adalah orang Indonesia yang tumbuh besar di Indonesia dan menyelesaikan kuliahnya di Ritsumeikan Asia Pasific University, Jepang.

Kabarnya, Gita Cherry Prabhandhari ini menguasai 3 bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Tak hanya itu, si cantik Gita Cherry Prabhandhari ini punya spesialisasi di bidang Spam Investigation, Digital Media Planning, Web Analytics, Oral History, Social Resarch dan Web Building.

Kini Gita Cherry Prabhandhari bekerja di raksasa mesin pencari, Google di bagian Search Quality Associate untuk bahasa Indonesia di Dublin, Irlandia. Sampai saat ini Gita Cherry Prabhandhari memang satu-satunya Googler (sebutan untuk karyawan Google) yang bekerja di Google Dublin, Irlandia.

Sosok Gita Cherry Prabhandhari sebenarnya sudah cukup hangat dibicarakan di kalangan blogger Indonesia dan forum Kaskus yang mana mereka menyebut Gita Cherry Prabhandhari sebagai webmaster Google pertama di Indonesia.

Gita Cherry Prabhandhari sendiri membantah bahwa dirinya adalah bekerja sebagai webmaster, dia lebih suka disebut sebagai spam fighter yang bertugas untuk menyaring sampah spam yang memenuhi hasil pencarian Google.

Seperti yang dilansir dari Kaskus, tugas utama seorang Gita Cherry Prabhandhari sebagai Search Quality Associate untuk bahasa Indonesia di Google antara lain :

  • Meninjau ulang kualitas dan kuantitas situs.
  • Meningkatkan kualitas hasil pencarian Google dengan mengevaluasi website dan mengidentifikasi bidang yang menjadi perhatian dan kepentingan.
  • Bekerja sama dengan tim teknik untuk meningkatkan kualitas pencarian Google.
  • Memeriksa isu-isu kualitas pencarian di indeks Google termasuk memerangi spam.
  • Fokus pada peningkatan kualitas pencarian Google di Indonesia.

Seiring meningkatnya popularitas Gita Cherry Prabhandhari, muncul page-page di Facebook yang mengatasnamakan Gita Cherry Prabhandhari, namun dirinya telah mengklarifikasi bahwa akun-akun tersebut bukanlah miliknya.

Prestasi yang diukir Gita Cherry Prabhandhari ini membuktikan bahwa dunia teknologi informasi bukan hanya milik kaum laki-laki saja, namun perempuan juga dapat berperan di bidang ini.

Hal ini juga sekaligus membuktikan bahwa kualitas sumber daya manusia di Indonesia ini tidak kalah dengan orang Eropa atau Amerika, semoga semakin banyak putra bangsa yang mencetak prestasi seperti si manis Gita Cherry Prabhandhari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda