Scroll to Top

Bundes Liga Jerman: Ibrahim Afellay Dipinjam Schalke 04 dari Barcelona

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 31 Aug 2012

Ibrahim Afellay

Ibrahim Afellay meninggalkan Barcelona dalam bursa transfer Liga Spanyol 2012 untuk berpindah ke Schalke 04 dengan status pemain pinjaman. Seperti halnya Javi Martinez, sesama alumnus La Liga, Afellay akan berjuang di kompetisi baru Bundes Liga Jerman.

Bundesliga menjadi pembidik terbaru para pemain yang pernah merumput di Liga Spanyol. Setelah Dani Carvajal (Real Madrid Castilla) bergabung ke Bayer Leverkusen, kemudian Javi Martinez (Athletic Bilbao) yang memecahkan rekor transfer tertinggi bersama Bayern Muenchen, kini giliran Ibrahim Afellay (Barcelona). Winger asal Belanda itu direkrut oleh Schalke 04 dengan status pemain pinjaman.

Selama ini, pemain berusia 26 tahun, berjuang untuk mendapatkan tempat inti di Barcelona. Didatangkan dari PSV Eindhoven pada bursa transfer musim dingin 2010, Afellay kesulitan bersaing dengan para penyerang Blaugrana dalam formasi 4-3-3 ala Pep Guardiola dan Tito Vilanova. Padahal, ia dilabeli sebagai salah satu pemain paling menjanjikan di Eredivisie.

Musim lalu, cedera berkepanjangan membuat Afellay kembali gagal di musim penuh pertamanya bersama Barcelona. Ia cuma tampil empat kali di La Liga. Awal musim ini, sebenarnya Tito Vilanova berupaya menemukan posisi paling cocok untuk Afellay: salah satunya menjadi pelapis Lionel Messi sebagai penyerang bayangan. Namun, pada akhirnya sang sayap lincah dipastikan menjalani masa peminjaman di Schalke 04.

Di klub tangguh Bundesliga, Afellay tidak akan kehilangan selera. Pasukan Huub Stevens tampil di Liga Champions musim ini. Mereka tergabung di Grup B bersama Arsenal, Olympiakos, dan juara Liga Prancis, Montpellier. Sementara, di kompetisi domestik, Schalke 04 baru saja tertahan di pekan pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda