Scroll to Top

Twitter: Lecehkan Presiden di Linimasa, Tentara Korsel Dihukum 1 Tahun

By Ibnu Azis / Published on Friday, 31 Aug 2012

Twitter Pelecehan

Seorang tentara Korea Selatan (Korsel) dinyatakan bersalah karena melecehkan presiden via Twitter. Perwira yang didakwa menghina Presiden Lee Myung-Bak ini  harus menerima hukuman tak kurang enam bulan penjara dan ditangguhkan hingga satu tahun mengingat ini merupakan pelanggaran pertamanya.

Tentara yang berpangkat kapten ini menyebar komentar pedasnya di Twitter pada bulan Desember 2011 silam. Ia tak bisa menahan diri dan dinilai menghina senior atau komandannya di microblogging milik Jack Dosey ini.

Pengacara tentara berusia 28 tahun tersebut bersikukuh jika kliennya hanya mengusung hak kebebasan berpendapat. Ia sebagai warga negara Korsel yang sah memiliki hak untuk mengritik segala kebijakan yang telah dikeluaran oleh pemerintah.

Namun jaksa berpendapat lain. Perwira harus memiliki disiplin yang ketat. Selain itu, tentara harus mampu menahan diri dari segala amarah dan tindakannya. Termasuk terhadap senior mereka maupun komandan. Kemeterian Pertahanan Korsel pun tak tinggal diam dengan insiden ini.

Dikutip dari Antara dan dilansir dari AFP, Jumat (31/08/12), Kementerian Pertahanan Korsel harus membuat sebuah buku panduan dalam penggunaan media sosial di kalangan militer (tentara dan perwira). Langkah ini ditempuh agar kebebasan pendapat yang diutarakan tidak bersebrangan dan cenderung mencemarkan nama baik orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda