Scroll to Top

Awas, Virus Worm Menyebar di Facebook, Skype, GTalk, MSN, dan ICQ

By Ibnu Azis / Published on Friday, 31 Aug 2012

Facebook Worm

Virus worm diyakini beberapa ahli teknologi menyebar di beberapa media pesan instan populer seperti Facebook, Skype, ICQ, Gtalk, Yahoo! Messenger, MSN, ICQ, dan Pidgin. Berdasarkan temuan ilmuwan McAfee Research, Niranjan Jayanand, malware tersebut menyebar dalam sebuah berkas yang bernama Picturexx.JPG_www.facebook.com.

Modusnya masih sama. Penyebar berkas jahat ini akan mengirimkan sebuah tautan ‘menggiurkan’ di jendela pesan instan yang terbungkus dalam tajuk video menarik. Apabila korban menklik link tersebut, mereka akan terinfeksi worm.

Celakanya secara otomatis pengguna yang telah terjangkit akan mengirimkan tautan sama yang telah diduplikasi ke seluruh kontak pesan instan yang dimiliki. Tujuannya agar seluruh teman di aplikasi tersebut ikut terinfeksi.

Facebook Worm

Virus ini sangat cerdik dalam beraksi. Untuk memuluskan aksinya, setelah komputer terinfeksi maka secara otomatis updates Windows dan antivirus akan dinonaktifkan. Sehingga komputer korban yang telah terjangkit tidak dapat dipindai dan dipulihkan.

Tak cuma itu saja, virus ini kemudian akan mengubah setting konfigurasi yang ada di pelbagai peramban yang telah diinstal: Chrome, Mozilla, dan Internet Explore. Apabila pengaturan tersebut telah diubah, maka pengirim tautan bisa dengan mudah mengirimkan perintah selanjutnya.

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan bilamana komputer telah terinfeksi virus adalah dengan menghapus entri start-up yakni mengakhiri proses mdm.exe dari Task Manager. Cara lainnya adalah dengan membiarkan pemutakhiran anti virus agar tetap menyala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda