Scroll to Top

Vierra Ingin Bikin Label Sendiri

By Aditya / Published on Saturday, 01 Sep 2012

Vierra

Vierra band bertekad untuk mandiri. Oleh karena itu, band yang digawangi Kevin Aprilio, Widy Soediro Nichlany, Raka Cyril Damar, dan Satryanda Wijanarko ini berencana hengkang dari label yang selama ini menaungi Vierra, Musica Studio, dan akan membikin label sendiri. Tak hanya itu, Vierra juga akan mengelola band secara mandiri.

“Ingin mandiri saja. Jadi, label sendiri dan manajemen sendiri-lah,” kata Kevin Apriliano di Jakarta belum lama ini.

Namun, ternyata tak hanya keinginan untuk mandiri saja yang membuat Vierra ingin lepas dari Musica Studio. Ada sejumlah perbedaan pendapat antara Vierra dengan label rekaman yang terhitung senior itu.

“Kadang-kadang kita kan punya sudut pandang sendiri di musik. Saya sebagai yang muda dan mereka yang umurnya sudah berpengalaman. Tapi kita yang muda juga punya visi yang beda, tapi gak jelek sih,” aku anak lelaki pasangan Addie MS dan Memes ini.

Di era digital seperti sekarang ini, kepentingan yang diusung label dan artis yang dinaunginya memang kerap berseberangan. Di satu sisi, label masih ingin meraup keuntungan seperti masa-masa terdahulu. Padahal, era digital tidak cukup memungkinkan untuk itu.

Sedangkan dari sisi band, pemasukan terbesar kini justru sering diperoleh dari aksi panggung ketimbang mengandalkan hasil royalti dari rekaman. Apalagi dengan maraknya aksi pembajakan dan fasilitas download gratis di internet, tingkat penjualan album kaset pun relatif berkurang.

Belum lagi dengan adanya ring back tone (RBT) yang tentu saja semakin mempengaruhi daya beli masyarakat terhadap kaset atau CD.

“Sebenarnya ya itulah, label sudah tidak begitu semenjak RBT itu, sekarang cari duitnya lebih banyak di off air dan kita belum semakmur dulu. Tapi gak apa-apa juga maksudnya jadi bukan karena RBT, tapi karena pandangan Vierra¬†mau di bawa ke mana,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda