Scroll to Top

Tips Mempertahankan Berat Tubuh yang Sudah Ideal

By Ilham Choirul / Published on Monday, 03 Sep 2012

latihan beban

Pada momen pasca-Ramadhan tahun ini, mungkin sebagian dari Anda mengalami penyusutan berat badan beberapa kilogram. Bagi yang suka dengan penyusutan tersebut pasti menjadi kabar gembira. Pe-er selanjutnya yaitu mempertahankan berat badan agar tetap stabil. Tentu saja ini bukan hal yang mudah.

Tapi, Anda pasti mampu melakukannya. Untuk membantu mempertahankan berat tubuh Anda, coba saja tips dari Dr Singh Sukhvinder Saggu, konsultan Laparoscopic, Gastro dan, Obesity surgeon di Fortis Jessa Ram Hospital, New Delhi, berikut ini seperti dikutip Times of India.

  • Berolahraga dengan cara yang tidak biasa. Intinya, Anda melakukan aktivitas yang melibatkan gerakan fisik dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Misalnya membiasakan mencuci mobil, memilih berjalan memakai anak tangga dibanding lift, dan sebagainya. Setidaknya akumulasi waktu untuk berbagai aktivitas fisik itu ada 30 menit untuk membuat kelebihan kalori bisa terbakar cukup banyak. Umumnya pria perlu 2000 kalori per hari dan wanita 1.600 kalori per hari.
  • Tidak perlu berpikir untuk menjadi sosok yang sempurna secara fisik. Sehingga, Anda pun tidak terlalu berlebihan mengejar target diet. Cukup lakukan proses mengurangi berat badan dengan perlahan tapi kontinyu. Dalam jangka panjang, Anda pun akan memiliki kebiasaan sehat untuk memiliki tubuh yang ideal.
  • Jauhi soda semampu Anda. Soda hanya akan meningkatkan risiko diabetes, arthritis, kerusakan hati, sakit jantung, hingga kanker jika dikonsumsi rutin. Lebih baik ganti dengan jus buah segar, teh, atau minuman lain yang teruji memberikan efek menyehatkan bagi tubuh.
  • Makan secara  tepat dan teratur.  Patokannya adalah kalori. Cobalah membuat perhitungan jumlah kalori yang akan Anda konsumsi setiap hari dan jangan sampai melewatkan jadwal waktu makan. Tidak makan bukan berarti membuat tubuh lebih kurus. Justru proses metabolisme menjadi kacau. Di antara makan utama, sempatkan makan kudapan yang bergizi di sela waktu makan untuk membantu proses kerja pencernaan. Dan, hindari makan besar saat menjelang tidur malam.
  • Lakukan olahraga secara teratur. Selain bisa membakar lemak, olahraga akan menguatkan otot dan sendi. Tulang juga menjadi semakin kuat. Minimal berolahragalah tiga kali dalam seminggu. Lakukan berbagai variasi olahraga agar mendapatkan kekuatan otot yang seimbang di berbagai bagian tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda