Scroll to Top

Windows 7 Kini Menjadi Sistem Operasi Desktop Terpopuler Di Dunia

By Ditya / Published on Monday, 03 Sep 2012

windows-7

Setelah menggeser raja bertahan Windows XP. kini sistem operasi Windows 7 dinobatkan sebagai sistem operasi paling populer di dunia dan paling banyak digunakan oleh kalangan pengguna desktop.

Seperti yang dilansir dari Mashable (03/08/2012), Menurut laporan dari Net Applications berdasarkan data pada bulan Agustus, Windows 7 telah berhasil mengalahkan Windows XP sebagai sistem operasi desktop paling populer saat ini.

Menurut laporan dari Net Applications pada bulan Agustus, Windows 7 menguasai 42,76 pangsa pasar kemudian disusul Windows XP dengan perolehan pangsa pasar 42,52% dan posisi ketiga ditempati sistem operasi yang sempat dinyatakan ‘gagal’, yaitu Windows Vista dengan perolehan pangsa pasar 6,15%.

Sistem operasi besutan Microsoft ini (Windows XP, Windows 7 dan Windows Vista) menguasai lebih dari 92% pangsa pasar sistem operasi desktop. sistem operasi besutan raksasa perangkat lunak asal Redmond ini memang terkenal user-friendly oleh kalangan pengguna desktop.

Butuh waktu hingga tiga tahun setelah Windows 7 dirilis untuk menjadi sistem operasi terpopuler di dunia. Windows 7 sendiri dirilis pada Oktober 2009, tepat 3 tahun setelahnya akan dirilis penerusnya, Windows 8.

Bagaimana dengan sistem operasi lain? Mac OSX 10.7 Lion hanya menguasai 2,45% disusul Mac versi sebelumnya, Mac OSX 10.6 Snow Leopard yang menguasai pangsa pasar 2,38%. Secara keseluruhan, Mac OSX menguasai kurang lebih 6% pasar.

Rilis sistem operasi Mac terbaru, Mac OSX 10.8 Mountain Lion tampaknya belum mengukir prestasi di pasar sistem operasi desktop secara global, mungkin terlalu dini untuk meniai prestasi Mac OSX Mountain Lion.

Sementara itu, sistem operasi open source Linux hanya menguasai pangsa pasar sekitar 1% saja. Sistem operasi besutan Linus Torvalds ini masih membawa image ‘sulit digunakan’ oleh kalangan pengguna desktop walau sebenarnya sistem operasi berlambang penguin ini telah banyak berubah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda