Scroll to Top

F1: Lewis Hamilton Publikasikan Data Telemetri Mclaren Di Twitter

By Rheza Fadhlillah / Published on Monday, 03 Sep 2012

Telemetri Lewis Hamilton Spa 2012

Ada hal yang juga menyorot perhatian publik pada F1 GP Spa Franchorchamps Belgia selain kekacauan yang terjadi di tikungan pertama La Source pada awal lomba. Itu adalah tweet dari pembalap asal Inggris, Lewis Hamilton.

Melalui akun twitter-nya, Hamilton mempublikasikan data telemetri hasil kualifikasi GP Belgia miliknya dan milik rekannya, Jenson Button. Tujuannya sederhana yakni hanya untuk membandingkan kinerja downforce antara kedua mobil tim Mclaren.

Akan tetapi rupanya pada telemetri yang dia ambil menggunakan kamera smartphone tersebut ,terdapat data rahasia yang seharusnya tidak di sebarkan ke publik apalagi jika sampai diketahui tim lawan.

Martin Whitmarsh mewakili aspirasi seluruh tim telah meminta Hamilton menghapus tweet tersebut.  Hamilton pun segera menghapusnya seketika setelah menemukan bahwa hal yang ia perbuat merupakan kesalahan.

“Ia diminta untuk menghapusnya dan ia melakukannya dengan segera”, Terang Whitmarsh.

“Ia salah menilai situasi. Ia membuat kesalahan penilaian dan kami memintanya untuk menghapus itu dan ia melakukannya. Saya rasa ia menyadari itu, dan saya tidak merasa itu mempengaruhi hasil lomba kami”.

Menurut direktur teknis Mclaren, Paddy Lowe, data yang terdapat pada gambar telemetri tersebut tidak terlalu banyak bisa digunakan oleh tim lawan.

“Data yang terdapat disana tidak banyak berguna bagi setiap orang jadi saya tidak merasa ada banyak kerugian yang telah terjadi”, ujar Lowe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda