Scroll to Top

Barcelona Ingin Mengikat Lionel Messi dengan Kontrak Seumur Hidup

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 04 Sep 2012

Lionel Messi 5

Barcelona ingin mengikat Lionel Messi dengan kontrak ‘seumur hidup’. King Leo boleh saja berkata ingin menutup karier bersama Newell’s Old Boys, klub Argentina tempatnya tumbuh sebelum hijrah ke Spanyol. Namun, Sandro Rosell, sang presiden Barcelona, juga memiliki keinginan istimewa agar Messi mengakhiri kariernya di Camp Nou; tidak di klub lain.

Sepanjang karier Lionel Messi di Barcelona, pembaruan kontrak bukan hal baru untuk pemain berusia 25 tahun. Ia sudah melakukannyasekian kali, sejak 2005 hingga musim 2009-2010.

Bicara penandatanganan kontrak Lionel Messi, kita akan kembali pada bulan Juni 2005. Ketika itu, Messi baru saja merayakan keberhasilannya meraih Piala Dunia U-20 bersama timnas Argentina. Sepasang penalti Messi cukup untuk menyingkirkan Nigeria 2-1 di partai puncak. Ini adalah kontrak profesional pertama King Leo; dan uniknya cuma bertahan beberapa bulan saja.

September tahun yang sama, sang bocah ajaib kembali menandatangani kontrak baru; setelah penampilan gemilangnya di Joan Gamper Trophy; kala Barcelona memukul Juventus dalam drama adu penalti. Dan setelah itu, Messi menjadi salah satu pemain paling ditunggu kehadirannya. Tidak hanya oleh publik Camp Nou, tetapi juga dunia.

Januari 2007, terjadi lagi penandatanganan kontrak baru. King Leo diikat hingga tujuh tahun ke depan; yang berarti hingga 2014. Saat itu, buy out clause Messi sudah sangat tinggi. Klub yang berminat meminangnya harus merogoh kocek sebesar 150 juta Euro. Namun, hal ini belum berakhir.

Seiring dengan kehadiran Pep Guardiola, Lionel Messi mendapatkan nomor 10. Ronaldinho dilepas ke AC Milan, dan sang mesiah menjalani peran tak tergantikan. Gol demi gol lahir darinya; melebihi jumlah gol siapa pun.

Dan pada musim 2009-2010, lagi-lagi Messi mendapat perpanjangan kontrak hingga 2016 dengan buy out clause sebesar 250 juta Euro. Secara teknis, tidak akan ada klub yang berani merampok bank demi mendapatkan King Leo.

Namun, Barcelona, seperti yang dilaporkan AS, ingin lebih. Mereka berencana akan mengikat Messi ‘seumur hidup’ dan memastikan peraih Ballon d’Or tiga kali –dua di antaranya resmi oleh FIFA— akan selamanya bermukim di Camp Nou.

(AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda