Scroll to Top

Gaya Hidup Sehat di Usia Senja Bisa Panjangkan Usia

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 04 Sep 2012

manula sehat

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat. Walaupun sangat disarankan dilakukan sejak muda, memulai hidup sehat saat usia senja juga membawa kebaikan. Menurut studi yang termuat dalam Jurnal Medis Inggris mengungkapkan, orang berusia tua yang mau hidup sehat bisa menjadi sebab bertambahnya usia mereka. Artinya, mereka punya kesempatan hidup berkualitas lebih lama dari kebanyakan orang lain seusia mereka yang tidak menerapkan hidup sehat.

Studi tersebut menganalisa data kesehatan 1.800 orang yang berusia di atas 75 tahun di Stockholm selama 18 tahun. Dari data itu ditemukan, mereka yang menerapkan gaya hidup sehat rata-rata punya usia lebih panjang hingga enam tahun pada pria dan lima tahun bagi wanita. Peneliti mengatakan, bahkan untuk para manula yang sudah berusia di atas 85 tahun pun masih bisa merasakan manfaat gaya hidup sehat ini. Tidak ada batasan usia untuk mendapatkan manfaat tersebut.

“Kajian kami menunjukkan ada kaitan antara kegiatan santai, gaya hidup sehat, dan pertambahan umur untuk orang-orang di atas 75 tahun,” kata Debora Rizzuto, pemimpin penelitian, seperti dikutip BBC.

Gaya hidup sehat punya bentuk aktivitas yang beragam. Misalnya rutin berolahraga, makan dan minum terbatas pada jenis yang bergizi, tidak merokok, tidak minum alkohol, dan sebagainya. Studi ini juga mencatat, mereka yang punya kebiasaan merokok punya usia lebih pendek satu tahun dibandingkan yang tidak merokok. Dan, dengan melakukan gaya hidup sehat berarti sudah melakukan upaya untuk terhindar dari penyakit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda