Scroll to Top

Prosesor Celeron, Pentium dan Core i3 Berbasis Ivy Bridge Dirilis Intel

By Ditya / Published on Tuesday, 04 Sep 2012

Intel Ivy Bridge

Produsen prosesor x86 terbesar di dunia, Intel telah merilis jajaran prosesor kelas menengah mulai dari Celeron, Pentium G, Core i3 dan Core i5 yang sebagian besar berbasis pada arsitektur terbaru Intel Ivy Bridge.

Ivy Bridge adalah generasi terbaru dari prosesor Intel yang telah mengaplikasikan teknologi produksi 22nm dan juga menggunakan teknologi Tri-Gate transistor. Sebagian besar prosesor kelas menengah bawah yang dirilis Intel telah menggunakan basis Ivy Bridge.

Seluruh jajaran prosesor Corei i3 dan Core i5 baru telah menggunakan basis Intel Ivy Bridge, namun beberapa model prosesor Celeron dan Pentium masih menggunakan teknologi Intel Sandy Bridge.

Seluruh jajaran prosesor Core i3 dual-core baru telah mengusung teknologi hyper threading, dimana dari masing-masing core atau inti dapat menjalankan 2 jalur pemrosesan atau thread sehingga total thread pada Core i3 adalah 4 thread. Sayangnya, tidak ada fitut TurboBoost disemua model Core i3 baru ini.

Sedangkan jajaran prosesor kelas menengah Core i5 ini memiliki 4 inti pemrosesan atau quad-core tanpa hadirnya teknologi hyper threading dan dilengkapi L3 cache dua kali lipat lebih besar dibanding jajaran Core i3, yaitu 6MB.

Seperti yang dilansir dari LegitReview (03/09/2012), Core i5 juga dibekali teknologi TurboBoost, sebuah fitur yang akan menaikkan frekuensi beberapa inti prosesor untuk mempercepat pemrosesan. Lebih jelasnya, simak gambar dibawah ini.

prosesor baru intel

Celeron G465 merupakan prosesor terbawah Intel yang dibandrol dengan harga USD $37. Sedangkan Pentium adalah klan yang setingkat diatas Celeron dengan model yang paling murah adalah Pentium G645 yang dibandrol dengan harga USD $64.

Klan kelas menengah diawali oleh jajaran Core i3 dengan model yang paling murah adalah Core i3 3220 yang dibandrol dengan harga USD $117. Core i5 adalah jajaran prosesor quad-core menengah Intel dengan model yang paling murah adalah Core i5 3330S yang dibandrol seharga USD $177.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda