Scroll to Top

Bentuk Gelas Pengaruhi Kecepatan Seseorang Minum Bir

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 04 Sep 2012

gelas bir

Di banyak negara Barat, menikmati bir barangkali menjadi suatu “kewajiban” saat melakukan suatu perjalanan. Konon bir di satu wilayah punya cita rasa berbeda dengan yang lain. Dan, tahukah Anda? Berbagai bentuk gelas yang dipakai untuk menyajikan bir ternyata punya pengaruh dalam lamanya seseorang meneguk segelas bir. Ada yang membuat mereka meneguk dengan cepat, ada pula yang memengaruhi untuk meneguk bir lebih lambat.

Mereka yang minum bir dengan memakai gelas berbentuk lurus, rata-rata membutuhkan waktu 11 menit untuk menghabiskan segelas bir berukuran 12 oz. Dengan ukuran yang sama tapi ditempatkan pada gelas melengkung, peminum bisa menghabiskan birnya dalam waktu tujuh menit. Tapi ketika isinya diganti dengan soda dan bukan bir, mereka menghabiskan minuman itu dalam jangka waktu yang sama sekalipun memakai bentuk gelas berlainan.

Temuan ini tertulis dalam penelitian yang dilakukan School of Experimental Psychology di University of Bristol di Bristol, Inggris.  Dikutip dari CBS News, peneliti melibatkan 159 orang berusia 18-40 tahun. Sebagian mereka adalah alkoholik dan sebagiannya peminum non-alkohol.

Dr Angela Attwood, asisten peneliti, mengatakan, orang yang minum bir dengan gelas berbentuk lurus cenderung lebih lambat 60 persen dalam menghabiskan minumannya. Relawan mengatakan, jika bir ditempatkan pada gelas lurus, maka menimbulkan kesan ukuran volume bir yang sebenarnya. Sehingga, mereka pun ingin lebih lama menghabiskan birnya. Sementara itu, saat bir ditempatkan pada gelas melengkung, bir tampak lebih banyak volumenya sehingga mendorong mereka untuk mempercepat minumnya.

Penelitian ini diharapkan menjadi acuan dalam pemakaian bentuk gelas untuk menghidangkan minuman beralkohol. Semakin lama alkohol dihabiskan, maka frekuensi minum sampai peminum mabuk sedikit bisa dihindari.

Studi ini dimuat dalam jurnal PLoS ONE pada 17 Agustus 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda