Scroll to Top

Cristiano Ronaldo Galau Karena Kecilnya Dukungan Real Madrid

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 04 Sep 2012

Cristiano Ronaldo

Apa yang membuat Cristiano Ronaldo galau? Apakah karena Real Madrid tak kunjung memberinya pembaruan kontrak? Apakah gaji bersihnya yang 10 juta Euro pertahun kurang? Seperti dirilis Marca, jawaban ternyata mengarah pada kurangnya dukungan dari seluruh awak Real Madrid. Mulai dari pengurus, rekan sesama pemain, hingga Madridistas.

Ketika Cristiano Ronaldo bersedih, dunia bertanya apa penyebabnya. Mulailah rekaan demi rekaan disodorkan. Mulai dari tawaran dari beberapa klub kaya seperti PSG, hingga masalah perpanjangan kontrak yang tak kunjung diberikan oleh Real Madrid. Benarkah demikian?

Cristiano Ronaldo adalah salah satu pesepakbola terkaya di dunia. Ia mendapatkan gaji bersih sebesar 10 juta Euro. Jumlah yang sangat wah. Memang, jumlah yang diterimanya sama dengan Ricardo Kaka.

Memang, kontribusinya untuk Real Madrid jika dibandingkan dengan nama yang disebut belakangan, agak jauh. Namun, ternyata bukan pembaruan kontrak yang membuatnya sedih. Uang bukan segalanya. Dan uang tidak akan menyembuhkan luka Ronaldo, demikian tulis Marca.

Cristiano Ronaldo adalah (salah satu) pemain terbaik dunia generasi ini. Tidak ada yang perlu membantahnya. Kegagalannya mendapatkan gelar Pemain Terbaik Eropa tahun ini —yang dimenangkan Andres Iniesta— tak terlalu telak. Dari 53 jurnalis dari 53 negara Eropa, CR7 mendapatkan 17 suara. Hanya berbeda 2 suara dari sang pemenang.

Dan, dari titik inilah masalah diurai. Seperti yang diungkap Marca, ternyata ia tidak mendapatkan dukungan penuh dari Real Madrid. Baik itu dari pengurus klub, rekan, hingga Madridistas. Ia tak puas dengan cara klub dalam mendukungnya meraih UEFA Best Player: setidaknya bagi CR7, tindakan mereka tidak sesuai dengan keinginannya.

Cristiano Ronaldo2

Ada pula kemungkinan bahwa Ronaldo ingin mendapatkan jabatan sebagai kapten. Hal inilah yang membuatnya frustrasi. Sistem seleksi kapten di El Real adalah berdasarkan berapa lama bermain untuk Madrid. Wajar jika setelah Iker Casillas, ada nama Sergio Ramos (datang pada 2005), Marcelo, dan Gonzalo Higuain (keduanya datang pada musim dingin 2007). Artinya, peluang untuk mendapatkan jabatan kapten, bagi Ronaldo yang merupakan kapten Portugal, sangat berat.

Dan seperti sudah diungkap Marca sehari lalu, CR7 tak cukup mendapatkan respek dari rekan-rekannya. Ia resah dengan tim yang tak menganggapnya sebagai pimpinan di lapangan maupun di ruang ganti. Dengan koleksi golnya yang sudah mencapai angka 150 dan statusnya yang kerap menjadi penentu kemenangan, ia semestinya lebih dihormati.

Terakhir, tentang fans. Ronaldo masih mendapatkan perlakuan kurang enak jika ia bermain buruk. Ketika ia disoraki, para Madridistas paling loyal di Santiago Bernabeu sekalipun, tidak membela.

Gaji mahal, adalah sebuah faktor. Dukungan maksimal, adalah faktor lain. Dan Ronaldo, pria yang penuh ambisi untuk mendapatkan segalanya, belum mendapatkan yang paling maksimal di klub yang sudah memakai jasanya sejak musim panas 2009.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda