Scroll to Top

Windows Phone 8 Lahir Saat Android dan iOS Mendominasi

By Ilham / Published on Wednesday, 05 Sep 2012

Windows Phone 8 yang sebentar lagi akan memulai debut dipastikan dalam posisi yang tidak menguntungkan. Dominasi pemain-pemain besar seperti Android, iOS jelas akan membuat jalan Windows Phone 8 akan sangat sulit.

Lembaga analis dan pemeringkat dari Amerika Serikat ComScore kembali merilis angka penjualan dan presentase penggunaan os smartphone kuartal kedua tahun ini. Hasilnya pun tak membuat kita terkejut. Dominasi kembali diperlihatkan Android, iOS dan Samsung.

Seperti sudah diperkirakan sebelumnya, Android dan iOS mendominasi OS smartphone di Amerika Serikat dengan besaran presentase 85.6%. Dari angka tersebut, Android meraih angka 52.2% sedangkan pesaing terdekatnya yaitu iOS dari Apple meraih 33.4%.

Saat Android dan iOS mengalami pertumbuhan, beda halnya dengan apa yang dialami oleh RIM, Symbian, dan Windows Phone. RIM turun 2.1% menjadi 9.5% dan OS yang mengalami penurunan paling tajam diantara yang lain.

Sementara Symbian mengalami penurunan market share sebesar 0.5%. Symbian kini hanya mempunyai  0.8% dari seluruh os smartphone yang beredar di Amerika Serikat. Hal ini semakin menunjukan bahwa Symbian akan keluar dari pasar dan bernasib sama seperti webOS yang dihentikan pengembangannya.

Di sisi lain, Windows Phone dengan perangkat Windows Phone 7 dan Windows Phone 7.5 mengalami penurunan paling kecil dibanding RIM dan Symbian. Windows Phone yang sebelumnya memperoleh pangsa pasar sebesar 4.0% kini turun menjadi 3.6%. Atau turun sebesar 0.4%.

Untuk produsen smartphone, Samsung masih tetap ada di urutan teratas dengan angka 25.6%. Disusul LG dan Apple dengan masing-masing  18.4% dan 16.3%. Sementara Motorola dan HTC di peringkat 4 dan 5 dengan presentase 11.2% dan 6.4%.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda