Scroll to Top

Hacker Menklaim FBI Miliki 12 Juta Nomor Identifikasi Unik iPhone dan iPad

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 05 Sep 2012

ipad iphone fbi hack

Kelompok peretas AntiSec menklaim jika Federal Bureau of Investigation (FBI) memiliki 12 juta nomor identifikasi unik iPhone dan iPad. Kabar ini terkuak setelah mereka berhasil meretas data dari salah satu laptop agen FBI.

Muncul pertanyaan kemudian, untuk apa FBI memiliki belasan juta nomor identifikasi unik iPad dan iPhone tersebut. Apakah FBI berniat memata-matai pengguna Apple, atau ada sebuah ‘kerjasama’ antara FBI dengan Apple?

Untuk membuktikan fakta yang telah diungkapkan, AntiSec kemudian memerlihatkan 1 juta Apple UDID (Unique Device Identifiers) yang dirilis di situs Pastebin. UDID sendiri adalah angka unik yang mewakili setiap perangkat iOS.

Kelompok peretas cukup kaget ketika melihat belasan juta UDID. Mereka memang menemukan banyak data ‘rahasia’. Namun tak mengira menjumpai data tersebut.

Christopher Stangl, salah satu agen FBI berhasil diterobos sistem keamanan laptopnya dengan memanfaatkan celah pada komponen Java. Sedangkan UDID dimanfaatkan pengembang untuk melacak aplikasi apa saja yang telah dibenamkan di perangkat tersebut.

Setidaknya terdapat 12.367.232 UDID yang berada dalam laptop agen FBI tersebut. Dan bahkan terdapat data tambahan lain yang tak kalah penting. Seperti nama pengguna, nomor ponsel, kode pos, serta alamat. AntiSec menduga data-data tersebut dipergunakan untuk melacak pengguna tertentu.

Belum ada keterangan resmi baik dari fihak Apple maupun FBI. Reporter AllThingsD telah melayangkan konfirmasi atas rumor ini namun dari kedua belah fihak belum memberikan tanggapan resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda