Scroll to Top

iPad Barack Obama Diretas Hacker?

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 05 Sep 2012

Barack Obama iPad

Kelompok peretas AntiSec menklaim telah meretas 1 juta UDID iPad dan iPhone. Kemungkinan besar, peretas mampu mengidentifikasi iPad Presiden Barack Obama, first tablet.

UDID (Unique Device Identifiers) iPad yang diduga milik Barack Obama dilaporkan pertama kali oleh blog RazonrianFly. Gedung Putih belum mengonfirmasi apakah UDID tersebut milik first tablet atau bukan.

Laman Mashable menuliskan jika bisa saja iPad Barack Obama telah diretas. Mengingat jika bocornya UDID Apple ini berasal dari agen pemerintah.

Obama UDID

Seperti diberitakan sebelumnya, hacker menklaim jika FBI memili 12 juta UDID iPhone dan iPad. Untuk membuktikan pernyataannya, kelompok peretas AntiSec membocorkan 1 juta data UDID di internet.

UDID adalah angka unik yang mewakili setiap perangkat iOS. Selain nomor identifikasi unik, terdapat data-data lain yang tak kalah penting. Seperti nama pengguna, nomor ponsel, kode pos, serta alamat.

Barack Obama sendiri termasuk seorang penggemar gadget Apple. Pekan lalu saat ia melakukan sesi Q&A di Reddit, Barack Obama menggunakan iPad generasi pertama pemberian Steve Jobs tahun 2010.

Lantas kemudian muncul sebuah pertanyaan, mengapa FBI memiliki 12 juta UDID pengguna Apple? Ada dua kemungkinan. Pertama, FBI ingin memata-matai pengguna Apple. Kedua, bisa saja antara FBI dan Apple sedang menjalin ‘kerjasama’.

Namun bisa pula terkait dengan kemungkinan ketiga yakni NCFTA atau National Cyber Forensics and Traing Alliance, sebuah organisasi nirlaba yang memungkinkan perusahaan-perusahaan besar dan lembaga pemerintah untuk berbagi informasi cybersecurity dan bekerjasama dengan FBI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda