Scroll to Top

Hentikan Menyiksa Anak, atau Penyakit Kronis Mendatanginya

By Ilham Choirul / Published on Friday, 05 Aug 2011

Bijaklah memperlakukan anak. Kekerasan bukanlah jalan terbaik untuk membuatnya disiplin dan penurut. Justru sikap pemberontak menjadi bagian hidupnya saat dewasa. Bukan hanya itu, efek domino dari kekerasan yang dialami seseorang semasa kecil turut merembet ke kesehatannya.

Menurut penelitian yang dipublikasikan Archives of General Psychiatry, seperti dikutip Reuters, menyimpulkan, anak-anak yang mengalami kekerasan, kehilangan orang tua, dan kesulitan lainnya berpotensi menderita berbagai penyakit kronis saat dewasa. Misalnya jantung, asma, diabetes, dan sebagainya.  Penelitian itu mengambil sampel 18 ribu orang dewasa dari seluruh dunia.

“Pengalaman buruk di usia dini dapat mempengaruhi perilaku dan gaya hidup,” kata Kate Scott, kepala penelitian itu.  “Pengalaman buruk di usia dini maupun gangguan mental dapat secara terpisah mempengaruhi prilaku berkaitan dengan kesehatan,” lanjutnya.

Gaya hidup yang dimaksud seperti merokok, mabuk, dan berbagai gaya hidup tidak sehat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda