Scroll to Top

Produsen Panel LCD Berharap Berkah Windows 8

By Ilham / Published on Wednesday, 05 Sep 2012

Kelesuan penjualan komponen semikonduktor untuk PC dan Notebook sangat terasa saat ini. Di Taiwan, produsen panel LCD berharap launchingnya Windows 8 dapat meningkatkan penjualan panel LCD yang mereka produksi.

Dampak melesatnya penjualan smartphone dan tablet pc memang berbanding terbalik dengan volume penjualan PC dan Notebook. Dalam 2 kuartal terakhir banyak produsen mengeluhkan sepinya order yang mereka dapatkan.

Taiwan yang dikenal sebagai salah satu pusat produksi komponen semi konduktor, panel LCD dapat merasakan pahit dan manisnya efek dari perkembangan tekhnologi saat ini. Banyak produsen-produsen besar tekhnologi dunia berpusat disana seperti Acer, Asus, AU Optronics (AUO), Chimei inolux (CMI) dan lain-lain.

Dalam paruh kedua tahun ini, diharapkan order untuk panel LCD bisa meningkat seiring dirilisnya windows 8. Panel LCD tersebut memang sebagian besar digunakan sebagai komponen pada Notebook, Ultrabook dan tablet PC.

AU Optronics (AUO) dan Chimei Innolux (CMI) sebagai produsen panel LCD di taiwan optimis dapat menjual lebih banyak hasil produksi mereka. Pertumbuhan penjualan Panel LCD untuk segmen TV yang tidak begitu besar diharapkan bisa diimbangi meningkatnya permintaan panel LCD untuk Notebook, Ultrabook dan tablet PC.

Pertumbuhan yang tidak begitu besar dalam penjualan panel LCD TV yang dialami AUO dan CMI memang salah satunya disebabkan oleh kebijakan pemerintah Cina yang menetapkan tarif tinggi untuk bea masuk impor panel LCD. Kebijakan tersebut membuat produksi panel LCD dari taiwan kurang bisa bersaing di cina daratan.

Saat ini AUO dan CMI sedang memproduksi masal panel TV 4Kx2K. Diharapkan pada awal tahun 2013 produksi mereka bisa mulai bersaing dalam segmen high-end TV yang saat ini masih dikuasai oleh 2 produsen asal Korea Selatan yaitu Samsung dan LG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda