Scroll to Top

Persib: Atep Paling Baik Di Tes Kesehatan

By Agus Prasetyo / Published on Thursday, 06 Sep 2012

Persib Atep

Beberapa pemain Persib Bandung, kemarin telah menjalani tes fisik di Lapangan Pusdik Armed Cimahi Rabu (5/9/2012) sore. Tes fisik tersebut berlangsung dibawah arahan Pelatih Fisik Persib, Dino Sefrianto.

Dengan dibantu beberapa staf tambahan seperti Dudung Kholil, Hartono Ramdan, Asep, dan mahasiswa UPI, 10 pemain Maung Bandung menjalani serangkaian tes fisik untuk mengukur VO2 Max.

Atep, Maman Abdurahman, Cecep Supriyatna, Hariono, Sigit Hermawan, M Agung Pribadi, Airlangga Sucipto, Rizky Bagja, Shahar Ginanjar, dan Aang Suparman pun dengan serius mengikuti arahan tes fisik tersebut.

Hasilnya, Atep berada di urutan teratas dengan kadar VO2 Max paling tinggi yakni 56. Sekaligus mengungguli 9 pemain lain yang turut hadir dalam tes fisik kali ini.

Dino mengakui penurunan VO2 Max para pemain, tak lain akibat terlalu lama tidak menjalani latihan rutin.

Namun, dia memuji Atep karena masih memiliki kekuatan paru-paru dan jantung yang stabil meski sudah cukup lama tidak menjalani latihan rutin.

“Tadi kita menjalani tes fisik, dengan bantuan teman-teman dari FPOK. Kalau dilihat dari hasil tadi, kelihatan ada penurunan karena para pemain hampir dua bulan off session. Terakhir main kan Juli kemarin, waktu lawan Sriwijaya FC, lalu ditambah puasa. Penurunan ini masih normal, tapi tetap butuh pembenahan. Saya ingin ikut standar liga, dengan rata-rata 57-58 kadar VO2 Max-nya. Tadi Atep masih 56. Artinya tidak terlalu jauh. Tapi dia harus ditingkatkan lagi sampai di atas 57, karena kerja dia tinggi. Pemain sayap kan harus turun naik, beda dengan posisi lain” ujar Dino kepada wartawan.

Tes kali ini hanya ujian awal, karena rencananya bulan depan para penggawa Pangeran Biru kembali melakukan tes akhir.

Untuk itu, Dino mengaku sudah memiliki program latihan dalam menjalani tes fisik sesi kedua nanti.

“Tadi masih pre test. Test terakhir satu bulan lagi kita lakukan. Saya sudah bilang dengan headcoach dan Pak Indra Thohir, untuk pelatihan program. Kita ingin kembalikan aktivitas jantung dan paru-paru para pemain, dengan latihan di daerah tinggi yang udaranya tipis. Kalau tadi hanya tes ringan, dengan lari 10-20 meter. Ini hanya faktor pendukung saja. Kita pilih sesuai football conditioning, seperti agility, speed, power, muscle endurance, dan accessbility” jelas Dino.

“Nanti kita juga siapkan cross country, lari 7 km, 9 km, dan 15 km. Karena di buku FIFA, main selama 90 menit itu sama dengan lari 15 km. Itu nanti kita akan ukur lagi waktu tes kedua, karena saya ingin rata-rata pemain kadar VO2 Max 55” tutup Dino seperti yang dilansir Inilahjabar.

Sementara itu striker Kenji Adachihara, dijadwalkan tiba di Bandung hari ini (Kamis 6/9/12) malam, bersama agennya Eko Subekti.

Keesokan harinya, Jumat (7/9/12) pagi Kenji akan menjalani tes kesehatan. Dan sore harinya, pelatih Djadjang Nurdjaman berharap dia bisa ikut langsung bergabung latihan bersama Atep dkk.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda