manfaat minum air hangat

Air sangat penting untuk makhluk hidup, hingga para praktisi kesehatan menyarankan konsumsi 7-8 gelas air per hari. Namun, tinimbang air dingin ternyata manfaat air hangat lebih banyak untuk kesehatan.

Berikut ini diantara manfaat konsumsi air putih hangat bagi kesehatan seperti dilansir Boldsky.

  • Pembersihan.

Manfaat minum air putih hangat, terutama di pagi hari adalah membersihkan sistem pencernaan dan sistem metabolisme tubuh. Racun dan kotoran yang mengendap dalam tubuh dan pencernaan akan dibuang dengan konsumsi air hangat tersebut. Campurkan lemon dan madu agar efek pembersihan tersebut makin terasa.

  • Melancarkan sembelit.

Minum air putih hangat akan membuat gerakan usus lebih lancar dan dapat membantu memecah makanan yang sedang dicerna dalam usus. Hasilnya, sembelit dapat dihilangkan.

  • Membantu program diet.

Anda yang sedang melakukan diet, maka konsumsi air putih hangat ditambah perasan lemon akan banyak membantu menurunkan berat badan Anda. Ini karena air hangat tersebut akan memecah lemak yang berada di sistem pencernaan.

  • Menghilangkan sakit batuk dan flu.

Anda pernah merasakan sakit pada tenggorokan karena batuk? Konsumsi air hangat akan meringankan gejala tersebut. Juga dapat membuat dahak Anda keluar lebih mudah.

  • Menghaluskan kulit.

Dengan mengkonsumsi air putih hangat, maka keringat biasanya akan keluar sebab tubuh secara otomatis menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan luar. Keringat membuat kulit membersihkan pori-porinya dari kotoran dan kelebihan garam. Juga melembabkan dan menghaluskannya.

  • Melancarkan peredaran darah.

Dengan lancarnya sistem pencernaan dan sistem metabolisme tubuh karena konsumsi air putih hangat, maka peredaran darah pun akan lebih lancar.