Scroll to Top

Frank Rijkaard: Lionel Messi Adalah Permata Bagi Sepakbola

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 07 Sep 2012

Frank Rijkaard Lionel Messi

Jika Sepp Blatter, Presiden FIFA, memuji Lionel Messi bagaikan seorang penyihir, lain lagi Frank Rijkaard, mantan pelatihnya di Barcelona: menurut Rijkaard, King Leo adalah permata bagi sepakbola. Rijkaard juga menegaskan bahwa keberhasilan Barcelona dalam beberapa tahun terakhir berasal dari jebolan akademi La Masia.

Frank Rijkaard, pelatih Arab Saudi, sebentar lagi akan membawa skuadnya bertempur melawan Spanyol. Sebelum pertandingan persahabatan yang akan dimainkan di Pontevedra, Rijkaard pun bernostalgia seputar klub yang pernah dilatihnya pada 2003-2008, Barcelona. Diwawancarai oleh program Esports Vespre Catalunya, Rijkard menyebutkan Barcelona berhasil karena jebolan akademi La Masia.

“Jebolan akademi Barcelona (La Masia) menjadi bagian penting dalam keberhasilan Barcelona. Mereka memiliki mental untuk menang sekaligus kerendahan hati untuk kontinyu bekerja. (Kini Barcelona) tidak lagi bergantung pada pemain asing.”

Rijkaard kemudian menyebut bahwa Barcelona era dirinya dan era saat ini, adalah dua Barcelona yang berbeda. Dahulu, pada masanya, El Barca memang dipenuhi pemain asing (bukan pemain binaan), bertolak belakang dengan keadaan saat ini. Namun, hal ini bukan sebuah kekeliruan karena demikianlah yang dibutuhkan saat itu.

“Saya tidak akan berbicara buruk seputar pemain asing pada era saya. Anda tidak bisa membandingkan dua era, dua momen. Ronaldinho mendatangkan antusiasme tinggi dan fans untuk datang ke sini (Camp Nou).”

Tidak hanya memuji akademi La Masia, Rijkaard juga menyebut Lionel Messi sebagai permata sepakbola. Bakatnya sudah begitu terlihat sejak dahulu dan Rijkaard tak berhenti berdecak kagum atas keistimewaan King Leo.

“Setiap hari ia terus berkembang menuju ke arah yang lebih baik. Lionel Messi adalah permata bagi dunia sepakbola. Saya berharap ia memiliki rentetan tahun-tahun menawan dalam kostum Barcelona.”

(Mundo Deportivo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda