Scroll to Top

Persib: Fisik Pemain Menurun Di Tes Kesehatan

By Agus Prasetyo / Published on Friday, 07 Sep 2012

Persib Bandung telah melakukan tes kesehatan dan fisik beberapa pemainnya. Namun sementara ini, baru sepuluh pemain yang telah melakukan tes kesehatan dan fisik tersebut.

Shahar Ginanjar, Cecep Supriyatna, Rizky Bagja, Aang Suparman, Maman Abdurahman, Jajang Sukmara, M. Agung Pribadi, Hariono, Atep, Airlangga, dan Sigit Hermawan yang telah menjalani tes kesehatan dan fisik.

Dari hasil tes tersebut, sebagian besar pemain mengalami penurunan kondisi kebugaran.

Hal tersebut dikemukakan oleh pelatih fisik Dino Sefriyanto usai menggelar tes fisik di Pusdik Armed Cimahi, Rabu (5/9/12).

Meski kondisi fisik pemain mengalami penurunan, Dino menilai hal tersebut wajar-wajar saja.

Pasalnya seluruh pemain saat ini sudah tidak menjalani pertandingan dan latihan rutin selama dua bulan lebih.

“Memang hasil tes awal secara keseluruhan bisa dikatakan kondisi fisik pemain turun, tapi kita sejak bulan Juli sudah tidak ada pertandingan dan latihan intensif. Maka wajar bila turun konsisinya. Oleh karena itu, tes fisik ini juga bisa dipakai sebagai alat ukur seberapa besar penurunan kondisi fisik para pemain dan seberat apa program latihan yang harus diterapkan nanti” ungkap Dino.

Serangkaian tes fisik yang diberikan kepada para pemain antara lain meliputi tes ketahanan tubuh, kelenturan, kekuatan, daya ledak kekuatan dan kecepatan.

Tes pertama adalah tes kelenturan tubuh. Dimana pemain harus menyentuh alat ukur dengan menggunakan kedua telapak tangan yang bersatu dengan cara bediri (kaki lurus) kemudian membungkuk.

Tes kedua adalah tes daya ledak kekuatan. Di sini para pemain sebelumnya memberi tanda sesuai ketinggian rentang tangan dan badan, kemudian meloncat tanpa ada jarak tolak untuk kembali memberikan tanda dengan kapur yang dibubuhi di ujung jari tangan pada alat ukur yang sudah tersedia.

Tes ketiga adalah tes kecepatan. Pemain harus berlari cepat sejauh total 20 meter (10 meter tes reaksi kecepatan, 20 meter tes percepatan lari).

Tes keempat adalah tes kelincahan, dimana pemain harus berlari dengan cepat sembari melewati rintangan dari tongkat-tongkat yang disusun menjadi jalur lari.

Dan tes terakhir adalah tes daya tahan dengan melakukan beep test.Pemain harus berlari sesuai tempo yang sudah di program khusus untuk tes daya tahan.

Dino mengatakan, hasil tes fisik hari itu akan menjadi acuan bagi tim pelatih khususnya untuk membuat program latihan fisik sebagai langkah persiapan menghadapi kompetisi yang akan datang.

“Tadi sudah berdiskusi dengan penasihat teknik pak Indra Thohir dan pelatih kepala pak Djadjang Nurdjaman. Kita akan mulai merancang program latihan fisik untuk pemain dengan acuan dari hasil tes fisik tadi. Mudah-mudahan semua program yang nantinya akan diterapkan bisa berjalan dengan lancar dan tim ini bisa siap ketika waktunya bertanding” tambah Dino seperti yang dilansir situs resmi klub.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda