Scroll to Top

Bernie Ecclestone Bersuara Tentang ‘Electric Pit Mode’

By Rheza Fadhlillah / Published on Friday, 05 Aug 2011

bernie-ecclestone-elektrik-pit-modeBos Formula 1, Bernie Ecclestone, kembali mengeluarkan suara sumbang mengenai peraturan baru FIA yang akan diterapkan pada Formula 1 musim 2014.

Seperti yang tertulis pada artikel 5.19 aturan pendahuluan Formula 1 musim 2014 tentang penggunaan mode elektrik, bahwa setiap tim diwajibkan menjalankan electric pit mode saat sedang berada di jalur pit stop.

Hal tersebut dinilai Ecclestone sebagai langkah yang berbahaya. Ia menjelaskan bahwa dengan menggunakan mode elektrik maka mobil tidak akan mengeluarkan suara, apabila tidak bersuara maka orang-orang di pit stop tidak dapat mendengarnya sehingga membahayakan bagi mereka yang bekerja di jalur pit stop.

“Formula Satu  bukanlah tempat yang tepat untuk menggunakan mesin listrik”,  kata Ecclestone  kepada Daily Express.

“Ini seperti halnya penari balet menggunakan sneakers. Lebih nyaman, tapi itu tidak berguna “.

“Tidak mungkin untuk menggunakan listrik di pit lane. Orang-orang bisa terbunuh karena mereka tidak akan mendengar suara mobil yang datang”.

Ecclestone tidak menyalahkan presiden FIA saat ini, Jean Todt. Menurutnya orang yang perlu disalahkan ialah Max Mosley, mantan presiden FIA.

Ecclestone berpendapat bahwa aturan yang diterbitkan untuk musim 2014 merupakan pemikiran Mosley yang baru bisa direalisasikan sekarang ini.

“Kita tidak bisa menyalahkan Jean Todt karena ini dimulai oleh Max (Mosley). Ini adalah ide asli Max. Idenya adalah apa yang sedang dipromosikan sekarang.”

Ini bukan pertama kalinya Ecclestone mengkritik soal peraturan baru yang dikeluarkan FIA. Sebelumnya, Ecclestone melancarkan kritik pedas soal penurunan kapasitas mesin Formula 1 menjadi 1.6 liter V6 Turbo yang ia takutkan akan mengurangi minat penonton setia Formula 1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda