Scroll to Top

Robot Cheetah Berlari Lebih Cepat Dari Usain Bolt

By Ditya / Published on Friday, 07 Sep 2012

Robot Cheetah

Siapa yang tidak kenal Usain Bolt? Ya, Usain bolt adalah manusia tercepat di dunia. Sebuah robot militer yang terinspirasi oleh Cheetah ini mampu berlari lebih cepat daripada Usain Bolt.

Sebuah robot militer yang dikembangkan oleh Boston Dynamics telah berhasi mengukir prestasi dengan mengalahkan rekor kecepatan hingga 28,3mph (miles per hour), sukses mengalahkan rekor robot sebelumnya yang hanya mencapai 18mph.

Kecepatan yang diukir oleh robot Cheetah besutan Boston Dynamics ini ternyata juga mengalahkan rekor kecepatan manusia tercepat di dunia, Usain Bolt. Robot Cheetah ini mampu berlari maksimal 28,3mph sedangkan Usain Bolt maksimal mencapai 27,78mph.

Seperti yang dilansir dari LegitReview (06/09/2012), proyek robot Cheetah besutan Boston Dynamics ini tmerupakan proyek militer karena didukung oleh US Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) untuk menciptakan robot yang lebih efektif membantu prajurit dalam sebuah misi pertempuran.

Meski robot Cheetah ini mampu mengalahkan Usain Bolt, namun kecepatan robot ini yang mencapai 28,3mph belum mampu mengalahkan Cheetah yang sebenarnya. Cheetah yang sebenarnya mampu berlari dengan kecepatan hingga 75mph.

“Apa yang kita peroleh melalui upaya penelitian robot Cheetah ini terkait dengan menciptakan kemungkinan untuk membuat berbagai macam robot yang cocok untuk misi masa depan Departemen Pertahanan,” kata Gill Pratt, Program Manager DARPA.

Meski hadirnya robot Cheetah ini menandakan perkembangan teknologi robotika yang pesat, namun ada beberapa pihak yang menyayangkan pengembangn robot Cheetah untuk keperluan militer, salah satunya seorang profesor Universitas Sheffield.

“Sebuah prestasi teknis yang luar biasa, tapi itu disayangkan bahwa itu akan digunakan untuk membunuh orang. Ini akan digunakan untuk mengejar orang melintasi padang pasir,” kata Noel Sharkey, professor Artificial Intelligence dan Robotika di Universitas Sheffield.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda