Scroll to Top

Paper Replika: Bukan Seni Merangkai Kertas Biasa

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 07 Sep 2012

Makam Humayun Paper Replika

Paper Replika atau seni merangkai kertas sedang digandrungi saat ini. Dengan hanya memakai media kertas, kita bisa menciptakan berbagai macam replika. Mulai dari gedung bertingkat, pesawat, tokoh anime (kartun), astronot, kamera, dan segala bentuk unik lain.

Paper Replika 2

Paper rEPLIKA 3

Terkesima dengan berbagai replika di atas? Mulai dari replika truk Herman Miller hingga bangunan Makam Humayun atau Humayun ka Maqbara.

Percayakah Anda bahwa model-model yang membuat mata tak bisa terkejap ini dibuat dari kertas?  Ya, benar. Bukan plastik, bukan dari bahan lain. Dan yang lebih menantang, ternyata semua orang mampu menciptakannya. Inilah yang disebut paper replika.

Sesuai dengan namanya, paper replika, pembuat seni merangkai kertas ini dituntut untuk menggunting berbagai pola kertas, melipat, dan mengelemnya untuk menciptakan bentuk tiga dimensi yang sempurna sesuai yang diharapkan. Terkesan sulit? Tidak juga.

Kita hanya membutuhkan tiga hal. Pertama, kreativitas untuk menyusun pola yang dibutuhkan. Kedua, ketelitian baik dalam menggunting pola maupun dalam menentukan mana yang mesti dilipat dan dilem. Dan terakhir, ketekunan. Namanya paper replika, jelas membutuhkan banyak waktu. Tidak mungkin langsung jadi dan tidak mungkin dikerjakan terburu-buru.

Tertarik? Yang pertama kali bisa Anda lakukan adalah mencari model paper replika yang hendak dibuat. Model seperti ini banyak tersebar di internet. Ada yang gratis, ada pula yang berbayar.

Biasanya, setiap model paper replika telah dilengkapi dengan cara pembuatan dan pola-pola yang harus digunting, dilipat, dan direkatkan. Tinggal mendownload dan mempelajarinya, kita sudah dapat langsung memulai pengerjaan paper replika pilihan. Salah satu situs yang memungkinkan kita untuk mengunduh dan mempelajari paper replika adalah paper-replika.com.

Setelah mengetahui teori tentang pola-pola dan cara pembuatan, yang dibutuhkan adalah praktik. Persiapkanlah alat-alat yang akan dipakai.

Mulai dari senjata utama berupa gunting, cutter, penggaris, pensil, dan beberapa alat pemotong yang bisa menghasilkan potongan yang lebih maksimal daripada gunting dan cutter.

Jangan lupakan untuk memilih bahan kertas inkjet 100 atau 120 gram, jasmine 175 gram, dan sebagainya. Yang penting, jangan terlalu tebal.

Tak boleh hilang, adalah alat perekat: yang utama adalah lem. Berikutnya kita bisa memakai selotip sebagai alternatif untuk menambal pola yang sobek.
Selesai mempersiapkan alat-alat di atas, mulailah kita bermain sesuai dengan pola yang diharapkan.

Jangan gengsi untuk menyimak tuntunan pembuatan yang sudah diunduh. Biasanya, tuntunan pembuatan tersebut sudah disusun sedemikian rupa sehingga komplet. Kita sudah diberitahu, semisal ketika menggunting pola tertentu, mana bagian yang harus dilipat, mana bagian yang harus dilem, dan seterusnya.

Nah, selamat berkreasi dengan model paper replika Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda