Scroll to Top

Lionel Messi: Pep Guardiola dan Tito Vilanova Berbeda

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 08 Sep 2012

Lionel Messi 7

Lionel Messi menyebutkan bahwa Barcelona siap memenangkan semua gelar: entah Liga Spanyol atau Liga Champions musim 2012-2013. Selain itu, ia membandingkan Pep Guardiola dan Tito Vilanova; yang di satu sisi berbeda, tapi di sisi lain memiliki kesamaan.

Status Tito Vilanova sebagai pelatih anyar Barcelona membuat banyak orang membandingkan sosoknya dengan Pep Guardiola, pria yang digantikannya. Apalagi di bawah asuhan Pep Guardiola, Barcelona memenangi 14 dari 19 gelar yang tersedia dalam empat tahun terakhir. Berbicara tentang keduanya pada TVE, Lionel Messi menyebut Tito Vilanova dan Pep Guardiola memiliki cara masing-masing.

“(Setiap pelatih) memiliki cara sendiri dalam melihat keadaan dan dalam berkomunikasi. Pada titik itu (Pep Guardiola dan Tito Vilanova) berbeda.”

Namun, bukan berarti perbedaan tersebut menyeluruh. Menurut Messi, filosofi yang dikembangkan kedua pelatih masih sama.

“Tito memiliki kepribadian yang berbeda (dengan Pep). Tapi, filosofi (Barcelona) masih sama.”

Lionel Messi sendiri, memuji Pep Guardiola yang telah memberikan mental juara bagi Barcelona. Hal yang diteruskan oleh Tito Vilanova saat  ini.

“Ketika Guardiola datang (sebagai pelatih Barcelona), saya pikir kami sudah dua tahun tak memenangi gelar apa pun. Pada titik kehadirannya itulah semuanya berubah. Mentalitas, rasa lapar (meraih gelar), dan cara kami bekerja.”

Tak hanya membahas pelatih lama dan baru. King Leo juga membahas kegagalan Barcelona di Liga Champions musim lalu. Kala itu El Barca tersingkir oleh Chelsea dengan agregat 2-3 setelah hanya bermain 2-2 di Camp Nou. Yang lebih menyakitkan, pertandingan itu diwarnai kegagalan Lionel Messi dalam mengeksekusi penalti. Bagi Messi, luka takluk oleh Chelsea masih membekas hingga saat ini. Namun, bukan berarti Barcelona tak siap menjuarai Liga Champions.

“Kami gagal memenangi La Liga dan Liga Champions. Namun, Anda tak bisa memenangi semua gelar. Masih menyakitkan kami tak lolos saat melawan Chelsea. Apalagi setelah saya gagal mengeksekusi penalti. Tahun ini kami siap berburu gelar, dan akan berusaha maksimal untuk memperjuangkannya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda