Scroll to Top

Mengenal Pirelli P-Zero Menambah Daya Tarik Menonton Formula 1

By Rheza Fadhlillah / Published on Friday, 05 Aug 2011

pirelli-logoProdusen ban terkenal asal Italia, Pirelli, telah terpilih menjadi pemasok ban tunggal untuk lomba balap Formula 1 di musim 2011 hingga 2012 nanti.

Pirelli mempunyai misi untuk membuat balapan Formula 1 lebih menarik dengan menyuguhkan lebih banyak aksi salip-menyalip dan banyak pit stop. Sehingga aksi tidak hanya terjadi di trek namun bagaimana tim menyusun strategi pit stop mereka.

Pada tiap seri Pirelli akan mengumumkan jenis ban apa yang akan mereka gunakan untuk memudahkan tim menyusun taktik pit stop masing-masing.

Ada dua jenis ban yang biasanya mereka umumkan di tiap seri. Satu tipe ban akan menjadi prime tyre dan tipe lainnya akan menjadi Optional Tyre.

Kedua tipe ban tersebut digunakan apabila sirkuit ada dalam keadaan kering. Dimana ban yang digunakan dalam kondisi kering terbagi menjadi 4 jenis, yaitu: Supersoft, soft, medium, dan Hard.

Apabila sirkuit dalam keadaan basah maka akan ada alternatif lain yang mengiringi dua tipe ban yang telah di tentukan tersebut. Tipe ban alternatif yang disediakan Pirelli antara lain, Wet dan Intermediate.

Masing-masing jenis ban memiliki karakteristik yang berbeda yang nantinya akan disesuaikan dengan kondisi sirkuit yang akan menjadi tempat dilaksanakannya lomba.

Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan karakteristik masing-masing jenis ban Pirelli P-Zero Formula 1:

Pirelli super soft Tyre

P Zero Supersoft Tyre

Dapat dideteksi dengan warna merah pada tulisan di pinggir ban. Ini adalah ban paling lembut  dibandingkan jenis ban Pirelli lainnya dan dirancang untuk memberikan kinerja puncak dan daya cengkeram di sirkuit lambat dan berkelok-kelok seperti Monte Carlo  dan  Hungaroring. Ban ini terbukti sukses dan mendapat banyak pujian dari para tim mengenai kinerja ban tersebut.

 

Pirelli soft tyre

P Zero Soft Tyre

Dapat dideteksi dengan warna kuning pada tulisan di pinggir ban. Ban ini digunakan di sirkuit dengan tingkat degradasi ban yang relatif rendah. Ban ini memiliki memiliki karakteristik cepat menemukan suhu yang sesuai dan mudah untuk dikendalikan. Ban jenis ini memiliki keseimbangan yang baik dan juga memberikan grip yang baik

 

 

Pirelli medium tyreP Zero Medium Tyre

Dapat dideteksi dengan warna putih pada tulisan di pinggir ban. Ini adalah ban serbaguna yang dirancang untuk bekerja dengan baik dalam berbagai kondisi dan cocok untuk sirkuit dengan karakteristik yang bervariasi. Ban bertipe ini pertama kali diperkenalkan pada GP Valencia Juni lalu. Rencananya ban dengan jenis medium akan kembali digunakan pada GP Belgia dan GP Italia yang akan datang.

 

Pirelli Hard TyreP Zero Hard Tyre

Dapat dideteksi dengan warna silver pada tulisan di pinggir ban. Ban berjenis keras membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai suhu puncak operasi dibanding ban soft. Ban ini memiliki ketahanan yang paling besar dibandingkan ban tipe kering lainnya. Sayangnya debut ban tersebut di GP Spanyol banyak mendapat cibiran dari pembalap dan tim. Mereka mengeluh sulit mendapatkan kendali mobil apabila menggunakan ban dengan jenis hard.

 

Pirelli Intermediate TyreP Zero Intermediate Tyre

Dapat dideteksi dengan warna biru muda pada tulisan di pinggir ban. Ban ini memiliki alur untuk  dapat memecah air. Ban ini memiliki grip yang baik dilintasan basah sehabis hujan. Namun grip tersebut akan hilang apabila sirkuit mulai mengering. Hal tersebut disebabkan oleh tidak meratanya bagian ban yang menyentuh tanah.

 

 

Pirelli wet TyreP Zero Wet Tyre

Dapat dideteksi dengan warna oranye pada tulisan di pinggir ban. Ban ini memiliki alur yang yang lebih dalam dibanding ban berjenis Intermediate, mirip dengan ban mobil jalan biasa, dan dirancang untuk membuang lebih dari 60 liter air per detik pada kecepatan 300 kph. Ban berjenis ini cocok digunakan saat sirkuit berada dalam kondisi sangat basah sehabis hujan atau saat balapan berlangsung dalam kondisi hujan ringan yang tidak menentu.

 

Ulasan lebih lanjut mengenai ban tipe kering akan di lanjutkan pada video berikut yang di ambil dari you tube.

Bagaimana Pirelli Dry Tyre Bekerja


[youtube QumY5RjATLI]

 

Itulah sedikit ulasan mengenai ban Pirelli, semoga bermanfaat dan menambah ketertarikan anda untuk terus mengikuti tiap lomba dalam balap Formula 1.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda