Scroll to Top

Google Akuisisi VirusTotal, Startup Perusahaan Keamanan

By Ditya / Published on Saturday, 08 Sep 2012

VirusTotal

Raksasa mesin pencari Google dikabarkan telah mengakuisisi sebuah startup perusahaan keamanan bernama VirusTotal. Hal ini dikabarkan sebagai upaya Google meningkatkan kemanan layanannya.

Google memutuskan untuk mengakuisisi startup perusahaan keamanan dalam rangka meningkatkan kemampuan raksasa internet ini untuk mencari dan konten berbahaya di berbagai layanan Google.

Bukan rahasia jika Google mengalami kesulitan dalam mengatasi maraknya malware toko aplikasi Google, Google Play. Meski Google telah menyematkan teknologi penyaringan, namun masih cukup banyak malware yang berhasil lolos.

Akusisi VirusTotal ini juga dimanfaatkan Google untuk meningkatkan pengawasan terhadap konten berbahaya di layanan lain seperti email Gmail dan jejaring sosial Google+ bahkan juga dapat dimanfaatkan untuk menyaring halaman hasil pencarian di mesin pencari.

VirusTotal akan beroperasi dengan menerima pemintaan untuk memeriksa virus kemudian menjalankan semua komponen perangkat lunak yang disediakan untuk perlindungan pada dokumen atau halaman yang diajukan, kemudian hasilnya akan didistribusikan untuk perusahaan keamanan.

Layanan ini akan menjadi sumber informasi berharga untuk industri keamanan tentang ancaman yang muncul serta target potensial, karena VirusTotal menyediakan berbagai dokumen atau halaman yang dicurigai.

“VirusTotal akan terus beroperasi secara independen, mempertahankan kemitraan kami dengan perusahaan antivirus lainnya dan pakar keamanan.”

“Kami telah bekerja keras untuk memastikan bahwa layanan yang kami tawarkan terus meningkat kualitasnya. Sebagai perusahaan kecil yang memiliki keterbatasan sumber daya, yang kadang-kadang menjadikannya sebuah tantangan,” kata VirusTotal melalui posting blog yang mengumumkan akuisisi.

Seperti yang dilansir dari Reuters (07/09/2012), sampai berita ini diturunkan, Google menolak untuk berkomentar dan menolak untuk membeberkan detail akuisis VirusTotal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda