Scroll to Top

Jauhkan Baterai dari Anak-Anak agar Tak Termakan

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 08 Sep 2012

baterai kancing

Jangan remehkan keberadaan baterai kecil di sekelilingi anak kecil. Banyak kasus di AS, anak-anak secara tidak paham memakan baterai yang ukurannya kecil itu. Setidaknya, dari tahun 1997 hingga 2010, sudah terjadi 40 ribu kasus anak di bawah 13 tahun menelan benda-benda kecil di sekitarnya. Dan, 69 persen di antaranya adalah baterai dengan dominasi jenis baterai kancing sebanyak 58 persen. Demikian dikutip CBS News dari data US Consumer Product Safety Commission (CPSC) dan  Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di AS.

Ketidaktahuan anak-anak dan kecerobohan pengasuh menjadi andil terjadinya kasus. Anak-anak mungkin menilai, baterai tersebut salah satu barang yang bisa dimakan. Apalagi dengan jenis baterai kancing, bentuknya yang pipih bisa jadi dianggap layaknya permen.

Meskipun baterai ini kemungkinan besar akan keluar bersama kotoran atau feses, namun bahan kimia yang terkandung dalam baterai bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Saat masuk tubuh, kandungan kimia hidroksida dapat menumpuk hanya dalam dua jam. Selain itu dapat terjadi kebocoran bahan kimia korosif yang disebut elektrolit alkali.

Anak-anak yang makan baterai biasanya muncul gejala muntah, sakit perut, demam, diare, gangguan pernapasan, dan sulit menelan. Ironinya, dengan berbagai gejala ini kadang dokter tidak mengetahui kalau penyebabnya dari baterai. Oleh karena itu, jika tahu seorang anak menelan baterai sebaiknya langsung menuju rumah sakit.

“Jika orangtua melihat anak menelan baterai, mereka harus pergi ke ruang gawat darurat langsung karena dalam waktu dua jam bisa ada kerusakan yang signifikan – itu adalah darurat nyata,” kata Dr Amanda Porro, dokter anak di Rumah Sakit Anak Miami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda