Hamilton, Button, Massa, Top three kualifikasi Monza 2012

Lewis Hamilton dengan mudah mengklaim posisi pole setelah lawan terdekatnya pada seri F1 GP Monza, Fernando Alonso, mengalami kendala teknis saat sesi kualifikasi f1 GP Monza Italia memasuki babak Q3.

Alonso begitu dominan dalam dua babak awal sesi kualifikasi. Mencetak waktu tercepat di Q1 dan Q2, Alonso malah menemui anti-klimaks pada Q3 setelah mobilnya mengalami kerusakan pada anti roll-bar.

Hal tersebut membuat Hamilton dan Mclaren tampil tidak terbendung. Mclaren menguasai posisi 1-2 dengan Hamilton di posisi pole dan Jenson Button di posisi kedua. Pole tersebut menjadi yang keempat bagi Hamilton sejauh musim 2012 berlangsung.

Tidak jauh dari duo Mclaren, pembalap Ferrari lainnya, Felipe Massa, sukses berada di posisi ketiga. Massa terpaut 0.237 detik dari Hamilton. Ini adalah hasil kualifikasi terbaik Massa di musim 2012.

Posisi keempat menjadi milik Paul di Resta yang juga tampil memukau pada sesi kualifikasi ini. Namun sayangnya ia harus menerima hukuman turun 5 grid akibat pergantian gearbox. Di Resta akan memulai lomba dari posisi 9 pada esok hari.

Michael Schumacher menjadi pembalap pertama yang mendapat keuntungan dari hukuman yang dijatuhkan pada di Resta. Schumacher akan memulai lomba dari posisi keempat setelah menempati posisi kelima kualifikasi.

Rekan satu tim Schumacher, Nico Rosberg, berada dua posisi dibelakangnya terpisahkan oleh pembalap tim Red Bull, Sebastian Vettel.

Kimi Raikkonen menempati posisi ke-8 kualifikasi dan akan memulai lomba dari posisi ketujuh. Mengikuti dibelakangnya, Kamui Kobayashi dari tim Sauber.

Posisi terakhir di sepuluh besar menjadi milik Fernando Alonso. Kerusakan anti roll-bar membuat Alonso harus masuk pit lebih awal sebelum kualifikasi berakhir. Sementara itu Mark Webber gagal menembus kualifikasi Q3.

Kualifikasi F1 GP Monza Italia 2012:

  1.  Lewis Hamilton McLaren-Mercedes
  2.  Jenson Button McLaren-Mercedes
  3.  Felipe Massa Ferrari
  4.  Paul di Resta Force India-Mercedes (Turun 5 grid)
  5.  Michael Schumacher Mercedes
  6.  Sebastian Vettel Red Bull-Renault
  7.  Nico Rosberg Mercedes
  8.  Kimi Raikkonen Lotus-Renault
  9.  Kamui Kobayashi Sauber-Ferrari
  10.  Fernando Alonso Ferrari
  11.  Mark Webber Red Bull-Renault
  12.  Pastor Maldonado Williams-Renault (Turun 10 grid)
  13.  Sergio Perez Sauber-Ferrari
  14.  Bruno Senna Williams-Renault
  15.  Daniel Ricciardo Toro Rosso-Ferrari
  16.  Jerome d’Ambrosio Lotus-Renault
  17.  Jean-Eric Vergne Toro Rosso-Ferrari
  18.  Heikki Kovalainen Caterham-Renault
  19.  Vitaly Petrov Caterham-Renault
  20.  Timo Glock Marussia-Cosworth
  21.  Charles Pic Marussia-Cosworth
  22.  Narain Karthikeyan HRT-Cosworth
  23.  Pedro de la Rosa HRT-Cosworth
  24.  Nico Hulkenberg Force India-Mercedes