Scroll to Top

PSSI Boikot PON Riau, KPSI Turun Tangan!

By Agus Prasetyo / Published on Sunday, 09 Sep 2012

PSSI KPSI

Keputusan PSSI yang memboikot PON 2012 Riau, akhirnya membuat KPSI turun tangan. Pasalnya pentolan KPSI, La Nyalla telah membenarkan bahwa 40 wasit ISL akan turun untuk memimpin laga cabang sepakbola.

“Benar, kami menurunkan 40 orang wasit atau perangkat pertandingan yang biasa memimpin pertandingan kompetisi ISL ke ajang PON XVIII itu” ujar La Nyalla.

Menurutnya, keinginan menggunakan wasit-wasit dari kompetisi ISL tersebut adalah permintaan dari Ketua Panpel Cabang Sepakbola PON XVIII Satar Thaher.

Permintaan ini sendiri adalah buntut dari penarikan perangkat pertandingan oleh PSSI, setelah terjadinya kekacauan di tiga laga awal cabang sepakbola PON.

Akibatnya tim-tim peserta pun memprotes keterlibatan PSSI dalam PON. Bahkan sebelum itu menurut mereka, pihak PB PON, KONI Pusat dan Tim Keabsahan telah membatalkan seluruh tim sepakbola hasil rekayasa caretaker-caretaker pengprov bentukan PSSI dalam cabang sepakbola PON.

Shaleh Mukadar yang ditunjuk sebagai penyedia perangkat pertandingan oleh PSSI, akhirnya mencabut semua perangkat pertandingan.

Melalui surat tertanggal 7 September 2012 bernomor 2472/UDN/1130/IX-12 yang ditandatangani Pelaksana Tugas (Plt.) Sekjen PSSI Hadiyandra, Saleh Mukadar mengancam tidak akan mengesahkan seluruh hasil pertandingan sepak bola PON XVIII.

Meski mendapatkan ancaman dari PSSI, La Nyalla tetap mendukung penuh pelaksanaan PON XVIII terutama untuk cabang sepakbola.

“Event olahraga empat tahunan berskala nasional ini adalah langkah awal cermin hasil pembinaan olahraga di Tanah Air sebelum menuju event yang lebih besar, seperti SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade. PON harus didukung, bukan malah sengaja dirusak” tegas La Nyalla seperti yang dilansir Bola.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda