Scroll to Top

Ball Possession Barcelona Nomor Satu, Real Madrid Peringkat Kedua

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 09 Sep 2012

Barcelona vs Real Madrid (6)

Dari tiga pertandingan pertama Liga Spanyol, Barcelona berhasil meraih posisi puncak klasemen sendirian. Mengumpulkan nilai sempurna, sembilan, Barca unggul dari 19 klub lain, termasuk Real Madrid yang masih berada di papan tengah. Bicara ball possession (penguasaan bola) dan umpan tepat sasaran, Barcelona juga menjadi yang teratas; sementara Real Madrid ada di posisi berikutnya.

Urusan penguasaan bola, tidak ada yang bisa menyanggah, Barcelona adalah rajanya. Statistik pun mendukung hal tersebut. Dari tiga partai awal Liga Spanyol, rata-rata penguasaan bola Barca adalah 64%, tertinggi di antara 20 peserta Primera Division Liga Spanyol. Di posisi berikutnya, ada Real Madrid yang penguasaan bolanya 63%.

Yang unik, Athletic Bilbao, yang sempat berkubang di peringkat 20, ada di peringkat berikutnya. Sejak kehadiran Marcelo Bielsa, Athletic memang dikenal jago dalam hal ini. Persentase mereka 59%. Tak kalah menarik, dua klub yang mengejutkan di awal kompetisi, Rayo Vallecano dan Real Valladolid ada di peringkat empat dan enam dengan 59% dan 55%.

Barcelona vs Real Madrid (1)

Sementara itu, untuk urusan umpan tepat sasaran, Barcelona dan Real Madrid kembali unggul dibandingkan 18 klub Liga Spanyol. Barca mendekati ‘sempurna’ dengan ketepatan 87%. Sementara itu, Real Madrid ada di peringkat kedua dengan 83%. Di peringkat berikutnya, kembali Real Valladolid memberi kejutan. Mereka sukses dengan ketepatan 82% dari 1794 umpan.

Apakah keunggulan ball possession dan ketepatan umpan menjamin sebuah klub untuk memenangi Liga Spanyol? Sementara, jika melihat Barcelona yang berkuasa, memang demikian. Namun, melihat Athletic Bilbao yang penguasaan bolanya tinggi dan tengah tercecer, pada akhirnya ketajaman para penyerang dan kerapian permainan menjadi kunci penentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda