Scroll to Top

Ronald Koeman: Barcelona Kurang Penyerang Maut

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 09 Sep 2012

Ronald Koeman

Ronald Koeman, mantan pemain Barcelona era Dream Team-nya Johan Cruyff, berkomentar bahwa Barcelona era Tito Vilanova dan Pep Guardiola tak terlalu berbeda. Barca era Tito sama briliannya dengan kala dilatih Pep. Namun, Koeman tetap mengingatkan bahwa Barcelona belum sempurna. Masih ada kekurangan seputar penyerang maut, yang menjadi pembawa masalah musim lalu. Koeman juga memberi penilaian tentang nasib Cesc Fabregas yang tampil kurang meyakinkan sepanjang awal musim dan sempat dikabarkan frustrasi –meski kata Cesc, ada kampanye yang berusaha menjatuhkannya—.

Mana yang lebih baik? Barcelona Pep Guardiola atau Barca saat Tito Vilanova melatih? Perbandingan seperti ini akan terus dilakukan, mengingat di masa Pep Barcelona mampu meraih 14 dari 19 gelar hanya dalam rentang empat tahun. Menanggapi hal ini, Ronald Koeman, penyerang Barcelona era awal 1990-an menyebut, Barcelona di kedua era ini sama-sama brilian.

“Tidak ada perbedaan mencolok antara Barcelona di bawah Pep dan Tito. Kita layak menunggu perkembangan selanjutnya. Awalnya, saya terkejut dengan penunjukan Tito. Tapi, yang saya lihat sejauh ini, Barcelona bermain sama briliannya,” kata Koeman kepada channel radio Catalan, La Xarxa.

Meski memuji Barcelona, Koeman tak lupa menyimpan kritik. Baginya, berkaca pada hasil musim lalu, Barca masih bermasalah di lini depan.

“Dalam beberapa pertandingan musim lalu, Barcelona kekurangan pencetak gol.”

Musim 2011-2012, Barcelona memang semakin menunjukkan ketergantungan pada Lionel Messi. Ketika King Leo macet, belum ada penyerang yang sama tajamnya sehingga ball possession mumpuni yang dimiliki mereka, tidak berbuah.

Selain itu, Koeman memberi penilaian khusus untuk Cesc Fabregas. Pemain ini kurang maksimal sepanjang awal musim. Banyak media yang menyebut Cesc frustrasi dengan keadaannya. Meskipun, Cesc menyebut ia bahagia dan ada kampanye untuk membuat namanya buruk.

Seputar Fabregas, Koeman menyebutkan, “Dia (Cesc) bisa saja cocok di Barcelona. Namun, ia harus tetap tenang dan percaya dengan rekan satu tim.”

(Marca/Mundo Deportivo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda