Scroll to Top

iPhone 5 Dukung Standar 4G LTE Semua Negara?

By Ditya / Published on Sunday, 09 Sep 2012

iphone 5 xx

Simpang siur mengenai tanggal rilis iPhone 5 atau The New iPhone memang terus terjadi, karena Apple sama sekali tidak mengklarifikasi hal tersebut. iPhone 5 ini kabarnya akan mendukung jaringan 4G LTE secara global agar bisa digunakan di semua negara.

Teknologi jaringan 4G LTE (Long Term Evolution) adalah teknologi generasi keempat yang menjanjikan transmisi data yang jauh lebih cepat dibandingkan teknologi 3.5G HSPA.

Saat ini belum banyak negara yang telah mengaplikasikan teknologi 4G ini. Kurang lebih baru 11 negara yang telah mengaplikasikan teknologi ini antara lain Korea Selatan, Amerika Serikat, Jepang, Australia, Jerman, Swedia dan sebagainya.

Di Indonesia, teknologi 4G LTE ini masih berupa wacana, bahkan penyelenggaraan jaringan 3,5G saja masih belum efektif.

Smartphone generasi terbaru Apple, iPhone 5 kabarnya akan mendukung teknologi 4G LTE secara global sehingga dapat digunakan di semua negara, mengingat masing-masing negara menggunakan standar jaringan 4G yang berbeda-beda.

Apple tampaknya telah belajar pada masalah yang terjadi pada iPad 3 atau The New iPad yang mengusung nama “iPad 4G WiFi” ini ternyata mendapat protes dari regulasi di Australia dan Swedia. Hal ini terjadi karena iPad 4G tidak mendukung standar 4G di kedua negara tersebut, sehingga keduanya memprotes Apple agar tidak menyesatkan konsumen.

Belajar dari kasus iPad di beberapa negara, Apple memutuskan untuk memperluas dukungan 4G secara global agar dapat digunakan di semua negara, sebelumnya 4G pada iPad terbaru hanya mendukung jaringan 4G di Amerika Serikat dan Kanada.

Seperti yang dilansir dai ArsTechnica (08/09/2012), iPhone generasi baru ini dikabarkan akan mengusung chip terintegrasi dari Qualcomm yang telah mendukung LTE, HSPA dan EV-DO. Chip tersebut dikendal sebagai MDM9615 yang dilaporkan mendukung jaringan 4G LTE yang lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda